Bugar

Waspada, Ini 5 Penyebab Kanker Darah pada Anak yang Perlu Anda Ketahui

Waspada, Ini 5 Penyebab Kanker Darah pada Anak yang Perlu Anda Ketahui

MOMSMONEY.ID - Kanker darah atau yang dikenal dengan sebutan leukemia menjadi salah satu jenis kanker yang paling umum dialami oleh anak-anak.

Kabar baiknya, dengan perawatan insentif yang diberikan, kanker dapat diatasi sepenuhnya tanpa meninggalkan sisa sel kanker.

Kanker darah terjadi akibat adanya mutasi atau perubahan sifat genetik pada sel darah putih, sehingga sel-sel ini tumbuh secara tidak terkendali.

Baca Juga: Suka dengan Jus Strawberry? Ini 5 Manfaat yang Bisa Anda Dapatkan dari Minuman Ini!

Dilansir dari Health Focus, ada beberapa penyebab yang memicu terbentuknya kanker darah pada anak. Berikut ini beberapa di antaranya:

Gaya hidup kedua orang tua

Penyebab kanker darah pada anak selanjutnya adalah gaya hidup kedua orang tua. Seorang wanita yang mengonsumsi banyak minuman beralkohol selama kehamilan dapat meningkatkan risiko leukemia pada anaknya.

Paparan radiasi

Paparan radiasi tingkat tinggi menjadi salah satu penyebab kanker darah pada anak. Apalagi jika paparan radiasi terjadi dosis tinggi dalam jangka waktu yang lama. Hal tersebut dapat meningkatkan peluang kanker darah di kemudian hari.

Gangguan sistem kekebalan tubuh turunan

Gangguan sistem kekebalan tubuh turunan menjadi penyebab kanker darah pada anak selanjutnya.

Kondisi bawaan tertentu yang menyebabkan anak dilahirkan dengan gangguan sistem kekebalan tubuh turunan seperti ataksia telangiektasia. Ataksia telangiektasia, yaitu kondisi yang terjadi akibat kerusakan di otak kecil saat lahir.

Baca Juga: Moms Wajib Tahu, Ini 5 Dampak Anak yang Sering Makan Mie Instan

Faktor genetik

Faktor risiko genetik merupakan bagian dari DNA yang diwarisi orang tua. Jika salah satu orang tua memiliki atau pernah mengidap kanker darah bisa saja gen penyakit diturunkan pada anak.

Sindrom genetik

Beberapa kelainan genetik meningkatkan risiko anak terkena kanker darah, yaitu:

  • Sindrom Down (trisomi 21), yaitu anak-anak dengan yang memiliki tiga salinan kromosom 21. Jenis kanker darah yang bisa saja dialami, termasuk leukemia limfositik akut (ALL) atau leukemia myeloid akut (AML).
  • Sindrom Li-Fraumeni, yaitu kondisi bawaan langka yang disebabkan oleh perubahan gen TP53. Selain kanker darah, pengidap kondisi ini rentan terserang sarkoma tulang atau jaringan lunak, kanker payudara, kanker kelenjar adrenal, atau tumor otak.

Selain itu, ibu hamil yang sering mengonsumsi minuman beralkohol juga dipercaya dapat meningkatkan risiko leukemia pada anaknya ketika lahir. Namun, hal ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News