Bugar

Suka dengan Jus Strawberry? Ini 5 Manfaat yang Bisa Anda Dapatkan dari Minuman Ini!

Suka dengan Jus Strawberry? Ini 5 Manfaat yang Bisa Anda Dapatkan dari Minuman Ini!

MOMSMONEY.ID - Strawberry merupakan salah satu jenis buah beri yang mudah ditemukan di Indonesia. Buah ini berwarna merah terang dan memiliki perpaduan rasa manis dan asam.

Selain dikonsumsi secara langsung, buah strawberry juga dapat diolah menjadi berbagai jenis produk makanan, seperti selai, sirop, dan kue bahkan jus.

Tak hanya lezat dan menyegarkan, manfaat buah strawberry ternyata tidaklah sedikit. Beragam kandungan nutrisi yang ada di dalamnya baik untuk kesehatan tubuh.

Konsumsi jus strawberry juga banyak sekali manfaatnya untuk tubuh. Tentunya kalau konsumsinya tidak disertai dengan perasa, pengawet, maupun pemanis buatan.

Baca Juga: Jangan Diabaikan, Ini Faktor Penyebab Nyeri Punggung yang Perlu Anda Ketahui

Dilansir dari Mayo Clinic, berikut ini beberapa manfaat jus strawberry yang bisa Anda rasakan untuk kesehatan tubuh, antara lain: 

Menjaga jantung tetap sehat

Manfaat jus strawberry yang pertama bisa menjaga jantung tetap sehat. Mengonsumsi buah maupun jus strawberry ternyata membantu menjaga kesehatan organ jantung.

Konsumsi buah satu ini juga membantu mengurangi risiko kolesterol tinggi, hipertensi, hingga peradangan yang terjadi pada pembuluh darah. 

Menyehatkan saluran cerna

Manfaat jus strawberry yang kedua adalah menyehatkan saluran cerna. Strawberry merupakan salah satu jenis buah yang kaya akan serat prebiotik.

Kandungan serat ini diketahui dapat membantu pertumbuhan bakteri baik dalam usus dan menyehatkan saluran cerna.

Tak hanya itu, strawberry juga mengandung antosianin, salah satu jenis antioksidan yang mampu mengurangi risiko terjadinya kanker usus besar.

Meningkatkan imunitas tubuh

Manfaat jus strawberry yang ketiga adalah meningkatkan imunitas tubuh. Konsumsi strawberry setiap hari sebanyak 150 gram saja sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian. 

Dengan terpenuhinya asupan vitamin C, efeknya adalah sistem imunitas tubuh yang turut meningkat.  

Baca Juga: Moms, Ini Daftar Superfood yang Bagus untuk Kesehatan Anak

Mencegah risiko terserang katarak

Efek baik lain dari jus strawberry adalah mendukung mata lebih sehat sekaligus mengurangi risiko katarak dan penyakit yang terjadi karena degenerasi makula.

Ini karena kandungan vitamin C pada buah strawberry. Tak hanya memerangi radikal bebas, kandungan tersebut juga mendukung produksi kolagen yang menjadi senyawa pembentuk struktur kornea mata.

Menjaga tekanan darah tetap stabil

Manfaat jus strawberry yang terakhir menjaga kestabilan tekanan darah. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa jus strawberry bermanfaat untuk menjaga tekanan darah tetap stabil.

Ini berkat kandungan kalium, flavonoid, dan polifenol dalam strawberry yang mampu menurunkan tekanan darah. Dengan demikian, buah ini baik dikonsumsi orang yang menderita hipertensi.

Anda dapat mengonsumsi strawberry secara langsung, mengolahnya menjadi jus, atau mencampurnya dengan salad buah.

Selain itu, untuk memenuhi kebutuhan nutrisi sehari-hari, Anda juga perlu mengonsumsi makanan sehat lainnya, seperti sayuran, buah-buahan, dan makanan berprotein tinggi.

Jika ingin mengetahui lebih jauh mengenai manfaat strawberry atau jumlah konsumsi yang sesuai kondisi tubuh Anda, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News