Bugar

Moms Wajib Tahu, Ini 5 Dampak Anak yang Sering Makan Mie Instan

Moms Wajib Tahu, Ini 5 Dampak Anak yang Sering Makan Mie Instan

MOMSMONEY.ID - Anak sering makan mie instan sebaiknya tidak Anda biarkan saja. Pasalnya, bahan-bahan yang terdapat pada makanan tersebut tidak aman untuk kesehatan si kecil. 

Jika terlalu sering dikonsumsi, kandungangn MSG dalam mie dan bumbunya bisa menyebabkan kerusakan otak pada anak. Selain memicu kerusakan pada otak, anak yang sering makan mie juga berisiko obesitas hingga kanker.

Dilansir dari Kids Health, perlu orang tua waspadai beberapa bahaya yang berisiko ditimbulkan jika anak sering makan mie instan, antara lain sebagai berikut:

Baca Juga: Sederet Manfaat Rutin Mengonsumsi Minyak Ikan untuk Kesehatan. Cari Tahu Yuk!

Kerusakan organ tubuh

Kandungan propylene glycol dalam mie berisiko menghambat perkembangan organ tubuh anak yang belum terbentuk sempurna. 

Propylene glycol adalah bahan kimia yang berfungsi menjaga kelembapan mie dalam kemasan. Bahan kimia ini bisa menumpuk dan mengendap di dalam hati, jantung dan ginjal anak.

Akibatnya, anak berisiko mengalami kerusakan jangka panjang pada organ-organ penting tersebut.

Menyebabkan gangguan pencernaan

Keseringan makan mie bisa menghambat nutrisi yang masuk ke dalam tubuh akibat kurangnya vitamin dan mineral yang dibutuhkan dalam proses pertumbuhan. 

Akibatnya, anak bisa saja mengalami gangguan pencernaan. Beberapa gejalanya ditandai dengan susah buang air besar, kembung, diare hingga kebocoran pada usus. 

Jika sudah begitu, anak berisiko mengalami kekurangan gizi, dehidrasi, anemia (kurang darah) dan perdarahan di saluran pencernaan.

Baca Juga: 5 Makanan Sehat Penuh Nutrisi untuk Perkembangan Otak Anak

Memicu kenaikan berat badan

Selain meningkatkan risiko penyakit jantung, asupan lemak berlebih akibat anak terlalu sering makan mie instan juga dapat menyebabkan kenaikan berat badan bahkan obesitas.

Melansir Orthoinfo, kelebihan berat badan di usia muda berisiko menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Meningkatkan risiko kanker

MSG yang terdapat dalam bumbu mie bersifat karsinogenik (zat pemicu pertumbuhan sel kanker). Zat ini merangsang pertumbuhan kelainan pada DNA sel normal.

Akibatnya, sel tumbuh secara tak terkendali. Karena dampaknya sangat membahayakan, Andaperlu menyiasati jika tak ada pilihan selain makan mie.

Caranya bisa dilakukan dengan mengurangi porsi mie dan perbanyak potongan sayuran serta lauk.

Namun, berhati-hati terhadap berbagai risiko kesehatan, upayakan sebisa mungkin agar anak tidak sering makan mie instan dan makanan cepat saji lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News