Bugar

5 Makanan Sehat Penuh Nutrisi untuk Perkembangan Otak Anak

5 Makanan Sehat Penuh Nutrisi untuk Perkembangan Otak Anak

MOMSMONEY.ID - Makanan tidak hanya memengaruhi pertumbuhan anak, tapi juga memengaruhi konsentrasi, daya ingat, serta kemampuan otaknya untuk berpikir.

Itulah alasan pentingnya memberikan anak beragam vitamin dan mineral yang dibutuhkan selama masa pertumbuhan, khususnya melalui makanan.

Makanan sehat bergizi untuk perkembangan otak anak tidak harus selalu mahal. Dilansir dari Kids Health, berikut ini sejumlah makanan untuk perkembangan otak anak, antara lain: 

Baca Juga: Moms, Ini Daftar Superfood yang Bagus untuk Kesehatan Anak

Salmon

Makanan untuk perkembangan otak anak yang pertama adalah salmon. Ikan salmon termasuk salah satu jenis ikan yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh anak-anak.

Kandungan asam lemak omega-3 pada salmon bagus untuk mendukung perkembangan kognitif anak dan meningkatkan daya ingat. 

Susu

Susu kaya akan protein, kalsium, kalium, dan vitamin D yang bagus untuk pertumbuhan tulang, sistem saraf, otot tubuh, serta menunjang pertumbuhan dan perkembangan otak anak.

Susu juga mengandung karbohidrat yang mampu mengurangi rasa lapar. Untuk mendapatkan manfaatnya, konsumsi susu secara rutin, minimal dua kali sehari.

Telur

Makanan untuk perkembangan otak anak selanjutnya adalah telur. Salah satu kandungan telur, yaitu kolin, bermanfaat untuk membantu perkembangan daya ingat anak.

Selain itu, telur juga tinggi akan kandungan protein dan nutrisi lain yang dapat membantu meningkatkan kemampuan konsentrasi anak.

Sebelum menyajikan telur pada anak, pastikan memasak telur hingga benar-benar matanguntuk membunuh bakteri di dalamnya.

Baca Juga: Penuh Nutrisi, Ini Sederet Manfaat Ikan Patin untuk Kesehatan Tubuh

Alpukat

Makanan untuk perkembangan otak anak lainnya adalah alpukat. Alpukat mengandung lemak baik sebagai sumber energi guna menunjang aktivitas sehari-hari.

Alpukat juga mengandung serat dan vitamin E yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan otak anak. Jika bosan makan nasi, ibu bisa memberikan alpukat sebagai makanan pengganti. 

Oatmeal

Oatmeal merupakan salah satu menu sarapan yang baik bagi anak untuk memulai harinya. Oat mengandung serat, zinc, kalium, vitamin B, dan vitamin E yang berguna untuk fungsi otak.

Menjadikan oatmeal sebagai menu sarapan dapat membuat buah hati cukup kenyang dan membantunya berkonsentrasi dengan baik di sekolah.

Jika perlu, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter anak mengenai pilihan makanan lain yang dapat mendukung perkembangan otak anak dan perkembangannya secara keseluruhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News