Bugar

Sederet Manfaat Rutin Mengonsumsi Minyak Ikan untuk Kesehatan. Cari Tahu Yuk!

Sederet Manfaat Rutin Mengonsumsi Minyak Ikan untuk Kesehatan. Cari Tahu Yuk!

MOMSMONEY.ID - Minyak ikan adalah lemak atau minyak yang diekstrak dari ikan. Jenis ikan yang digunakan adalah golongan ikan berminyak, seperti herring, tuna, teri, dan mackerel.

Namun, kadang-kadang bisa juga dihasilkan dari hati ikan lain, seperti halnya minyak hati ikan kod. Tiap 100 gram dari ikan-ikan ini mengandung kurang lebih 1 gram asam lemak omega-3.

Selain itu, minyak ikan mengandung omega-3, yaitu asam lemak esensial yang diperlukan untuk menunjang kesehatan tubuh.

Dibalik kandungannya tersebut, seperti dilansir dari Mayo Clinic berikut adalah sejumlah manfaat yang bisa didapat dari rutin mengonsumsi minyak ikan, antara lain: 

Baca Juga: Punya Kolesterol Tinggi? Ini Cara Cepat Menurunkannya

Mencegah penyumbatan pembuluh darah

Manfaat rutin mengonsumsi minyak ikan yang pertama bisa mencegah penyumbatan pembuluh darah (aterosklerosis).

Mengonsumsi minyak ikan dapat mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan mencegah peradangan, sehingga mengurangi risiko terjadinya penyumbatan pembuluh darah.

Mengurangi gejala depresi

Manfaat rutin mengonsumsi minyak ikan yang kedua bisa mengurangi gejala depresi. Orang dengan depresi berat biasanya memiliki kadar omega-3 dalam darah yang cukup rendah.

Studi menyebutkan bahwa mengonsumsi minyak ikan dinilai dapat membantu mengurangi gejala depresi, terutama minyak ikan yang kaya kandungan EPA di dalamnya.

Mendukung kesehatan mata

Manfaat rutin mengonsumsi minyak ikan yang selanjutnya bisa mendukung kesehatan mata. Seperti halnya otak, kesehatan mata juga bergantung pada lemak omega-3.

Orang yang tidak mendapatkan cukup omega-3 memiliki risiko lebih besar terkena penyakit mata. Selain itu, kesehatan mata mulai menurun di usia tua.

Konsumsi ikan dapat menurunkan risiko gangguan kesehatan mata, termasuk juga konsumsi suplemen minyak ikannya. 

Baca Juga: Bisa Dicoba! 5 Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi Penderita Batu Empedu

Menurunkan berat badan

Manfaat rutin mengonsumsi minyak ikan yang keempat adalah menurunkan berat badan. Minyak ikan bisa memperbaiki komposisi tubuh dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa suplemen minyak ikan yang dikombinasikan dengan diet atau olahraga, dapat membantu menurunkan berat badan secara optimal.

Menjaga kesehatan kulit hingga mengurangi risiko terkena alergi

Di samping yang telah disebutkan di atas, manfaat minyak ikan lain di antaranya bisa menjaga kesehatan kulit, mata, dan tulang, serta memperbaiki gejala asma dan mengurangi risiko terkena alergi pada anak-anak.

Selain itu, untuk memaksimalkan asupan nutrisi Anda, konsumsilah ikan secara rutin. Jangan hanya mengandalkan suplemen minyak ikan. Dengan begitu, asupan nutrisi lainnya yang dibutuhan tubuh Anda juga bisa tercukupi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News