Bugar

Punya Kolesterol Tinggi? Ini Cara Cepat Menurunkannya

Punya Kolesterol Tinggi? Ini Cara Cepat Menurunkannya

MOMSMONEY.ID - Cara cepat menurunkan kolesterol secara alami bukanlah suatu hal yang mustahil. Anda bahkan bisa melakukannya tanpa dengan mudah.

Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan di bawah ini terkait cara menurunkan kolesterol dengan cepat dan alami. Kolesterol memiliki peranan yang penting dalam tubuh.

Akan tetapi, jika kadarnya di dalam darah terlalu tinggi, kolesterol dapat menimbulkan berbagai dampak buruk bagi kesehatan, misalnya penyakit jantung.

Apabila kondisi ini terus berlanjut, akan memicu timbulnya serangan jantung. Di sinilah bahaya kolesterol jahat bagi tubuh manusia. 

Baca Juga: Selain Nikmat, Ini Manfaat Terong untuk Kesehatan Tubuh yang Perlu Diketahui

Berikut ini beragam cara cepat menurunkan kolesterol dengan cepat yang dianjurkan dr. J.B. Suharjo B. Cahyono Sp.PD, antara lain: 

Konsumsi makanan penurun kolesterol

Cara cepat menurunkan kolesterol yang pertama adalah mengonsumsi makanan penurun kolesterol dan mengubah pola makan menjadi lebih sehat dan bergizi seimbang.

Selain itu, perbanyaklah konsumsi makanan penurun kolesterol, seperti biji-bijian utuh, kacang-kacangan, buah-buahan, minyak zaitun, serta beragam jenis ikan seperti ikan tuna, ikan salmon, dan ikan tenggiri.

Batasi konsumsi lemak 

Cara cepat menurunkan kolesterol yang kedua adalah membatasi konsumsi lemak. Anda mungkin bosan mendengarnya, tapi membatasi konsumsi lemak adalah kunci utamanya. Lemak yang boleh dikonsumsi hanya berkisar 12-14 gram per hari. 

Menjadi vegetarian 

Cara cepat menurunkan kolesterol yang ketiga adalah menjadi vegetarian. Tak ada salahnya mempelajari gaya hidup vegetarian.  

Sebab menurunkan kolesterol dengan cepat bisa dilakukan dengan cara tidak mengonsumsi daging, ikan, dan telur, lalu berganti dengan banyak makan sayuran (3-4 penukar), buah-buahan (3-6 penukar), dan produk kedele (tahu, tempe, susu kedelai) setiap kali makan. 

Baca Juga: Jarang Diketahui, Ini Manfaat Bunga Melati untuk Kesehatan Tubuh

Batasi konsumsi minuman beralkohol

Cara cepat menurunkan kolesterol yang selanjutnya adalah membatasi konsumsi minuman beralkohol. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa minuman beralkohol yang dikonsumsi dalam jumlah sedang bisa meningkatkan kadar HDL.

Namun, minum alkohol untuk mengurangi kadar kolesterol sangat tidak dianjurkan, karena risiko alkohol untuk menyebabkan penyakit cenderung lebih besar daripada manfaatnya.

Mengonsumsi suplemen

Cara cepat menurunkan kolesterol yang terakhir adalah mengonsumsi suplemen. Pastikan Anda mengikuti aturan pakai yang tertera pada label kemasan.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa suplemen minyak ikan yang kaya akan asam lemak omega-3 dipercaya mampu menurunkan kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung Anda.

Terapkanlah cara cepat menurunkan kolesterol di atas dalam kehidupan sehari-hari Anda. Selain itu, Anda juga tetap disarankan untuk berkonsultasi ke dokter secara berkala untuk memeriksa kadar kolesterol dan kondisi kesehatan Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News