HOME, Keluarga

Waspada, Berikut Tempat Persembunyian Kutu Kasur di Rumah

Waspada, Berikut Tempat Persembunyian Kutu Kasur di Rumah

MOMSMONEY.ID - Kutu kasur merupakan salah satu masalah yang cukup merepotkan setiap penghuni rumah.

Walaupun tidak membawa penyakit tertentu, keberadaan kutu kasur di rumah bisa sangat menjengkelkan karena mereka kerap menggigit kulit manusia, sehingga menyebabkan iritasi dan gatal-gatal.

Karena bernama kutu kasur, wajar jika Anda mengira kasur merupakan tempat utama bersarang hewan yang satu ini. Namun, tahukah Anda jika kutu kasur tidak hanya bersembunyi di kasur atau tempat tidur?

Faktanya, kutu kasur bisa bersembunyi di berbagai tempat di rumah Anda, lo. Jika dibiarkan, keberadaan mereka tentu dapat mengganggu kenyamanan Anda saat bersantai di rumah.

Area mana sajakah yang dapat menjadi tempat persembunyian kutu kasur di rumah? Berikut penjelasannya untuk Anda.

Baca Juga: Awas, Ini Tanda-Tanda Keberadaan Kutu Kasur di Rumah Anda

Tempat tidur

Salah satu tempat persembunyian utama kutu kasur adalah tempat tidur, termasuk ranjang dan kasur atau matrasnya.

Dikutip dari laman US Environmental Protection Agency (EPA), kutu kasur biasanya bersembunyi di beberapa bagian tempat tidur, mulai dari pinggiran, lipatan, label, pegas kasur, bahkan pada retakan dan celah-celah ranjang.

Kursi dan sofa

Furnitur seperti kursi dan sofa (terutama dengan bantalan yang empuk) kerap menjadi tempat untuk persembunyian kutu kasur.

Sama seperti kasur atau tempat tidur, kutu kasur biasanya bersembunyi di bagian sambungan, lipatan, atau sela-sela kursi dan sofa. Jika Anda sering bersantai atau tertidur di atas sofa, Anda perlu berhati-hati dengan keberadaan kutu kasur di area ini.

Baca Juga: Serupa Tapi Tak Sama, Kenali Bedanya Tungau dan Kutu Kasur

Peralatan elektronik

Jika kutu kasur sudah menyebar ke seluruh rumah, kemungkinan besar Anda akan menemukan keberadaan kutu kasur di peralatan elektronik yang ada di rumah.

Bahkan, bukan tidak mungkin kutu kasur tersebut bersembunyi di lubang stopkontak, lo.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Jasa Bersih-Bersih Kasur, Tidur Makin Nyenyak dan Nyaman!

Dinding

Jika Anda menemukan kutu kasur yang bersembunyi di lubang stopkontak, coba periksa bagian lain dinding-dinding di rumah Anda.

Sebab, ada kemungkinan kutu kasur bersembunyi di celah-celah dinding, di balik wallpaper, bahkan di balik hiasan yang digantung di dinding. Kutu kasur memiliki lebar tubuh yang setipis kartu, jadi mereka dapat menyelinap melalui celah-celah di dinding dengan mudah.

Karpet

Mengutip laman Take Care Termites, kutu kasur bisa bersembunyi di bagian pinggiran dan lipatan-lipatan kasur dengan nyaman tanpa terdeteksi.

Apalagi jika Anda melapisi lantai rumah dengan karpet, kemungkinan Anda akan menemukan kutu kasur di area pertemuan antara lantai dengan dinding rumah.

Itulah beberapa area yang dapat menjadi tempat persembunyian kutu kasur di rumah. Jangan lupa, periksalah setiap sudut rumah Anda dengan teliti sehingga kutu kasur tidak mudah muncul dan mengganggu kenyamanan di rumah.

Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News