HOME, Keluarga

Awas, Ini Tanda-Tanda Keberadaan Kutu Kasur di Rumah Anda

Awas, Ini Tanda-Tanda Keberadaan Kutu Kasur di Rumah Anda

MOMSMONEY.ID - Kutu kasur merupakan salah satu problem yang bisa merepotkan setiap penghuni rumah.

Walaupun tidak membawa penyakit tertentu, keberadaan kutu kasur di rumah bisa sangat menjengkelkan karena mereka kerap menggigit kulit manusia, sehingga menyebabkan iritasi dan gatal-gatal.

Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui apakah rumah Anda menjadi “sarang” kutu kasur atau tidak. Dengan mengetahuinya lebih awal, Anda pun bisa membasmi kutu kasur lebih cepat sebelum mereka semakin berkembang.

Dilansir dari Insider dan National Health Service (NHS) UK, berikut tanda-tanda keberadaan kutu kasur di rumah.

Baca Juga: 5 Masalah Kesehatan Akibat Rumah Kotor dan Berantakan, Hati-Hati!

Bintik kemerahan yang terasa gatal di kulit

Bila Anda bangun tidur dan mendapati kemunculan bintik-bintik kemerahan yang terasa gatal di kulit, bisa jadi itu merupakan tanda keberadaan kutu kasur.

Selain itu, perhatikan apakah bintik-bintik tersebut membentuk pola garis lurus. Jika jawabannya ya, maka kemungkinan keberadaan kutu kasur makin besar.

Seperti yang disebutkan di atas, kutu kasur senang menggigit dan mengisap darah dari kulit manusia, sehingga dapat menyebabkan peradangan yang membuat bekas gigitannya terasa gatal dan kemerahan.

Bau menyengat yang tidak sedap di rumah

Kutu kasur memiliki aroma atau bau tidak sedap yang sangat khas dan mudah terdeteksi, apalagi jika berkumpul dalam jumlah yang cukup besar.

Jadi, jika Anda tiba-tiba mendapati bau menyengat yang tidak sedap di rumah (apalagi di sofa atau kasur), maka ada kemungkinan ada kutu kasur di sekitar situ.

Bekas berwarna kemerahan dan kecoklatan di kasur

Salah satu pertanda keberadaan kutu kasur di rumah Anda adalah adanya bekas-bekas berwarna merah darah atau kecoklatan yang ada di kasur.

Ketika tidur, Anda mungkin secara tidak sadar menggencet kutu kasur sehingga meninggalkan bekas darah berupa titik-titik di kasur.

Sementara itu, bekas kecoklatan yang tiba-tiba muncul di kasur bisa jadi disebabkan oleh kotoran kutu kasur. Kotoran ini juga memiliki bau menyengat yang sangat khas.

Baca Juga: Mengenal Tipe-Tipe Rumah yang Populer di Indonesia, Apa Saja?

Serpihan kulit kutu

Kutu kerap berganti kulit, sehingga akan meninggalkan kulit lamanya begitu saja. Nah, keberadaan serpihan kulit kutu pada sofa atau kasur bisa menjadi tanda keberadaan kutu di tempat tersebut.

Biasanya, serpihan kulit kutu ini bisa ditemukan di bagian-bagian seperti lipatan dan pinggiran kasur atau sofa.

Bintik-bintik putih di lipatan atau lekukan furnitur

Terakhir, Anda bisa memeriksa bagian lipatan tersembunyi atau lekukan-lekukan furnitur untuk mengecek apakah ada bintik-bintik putih di area tersebut.

Bintik-bintik putih ini merupakan telur kutu. Jika Anda mendapati keberadaan telur kutu kasur pada furnitur Anda, singkirkan dengan hati-hati untuk mencegah kutu yang makin berkembangbiak di rumah.

Nah, itulah beberapa tanda keberadaan kutu kasur di rumah yang perlu diwaspadai. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda, ya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News