HOME, Keluarga

5 Masalah Kesehatan Akibat Rumah Kotor dan Berantakan, Hati-Hati!

5 Masalah Kesehatan Akibat Rumah Kotor dan Berantakan, Hati-Hati!

MOMSMONEY.ID - Rumah yang bersih dan rapi merupakan sesuatu yang wajib. Sayangnya, masih banyak orang yang belum menyadari hal tersebut dan membiarkan rumah terlihat kotor dan berantakan.

Padahal, rumah yang dibiarkan kotor dan berantakan akan merugikan penghuni rumah itu sendiri. Salah satunya, muncul beberapa masalah kesehatan yang seharusnya bisa dicegah dengan rumah yang bersih dan rapi.

Kira-kira, masalah kesehatan apa saja yang dapat muncul akibat rumah yang kotor dan berantakan? Dirangkum dari eatingwell.com dan Wise Projects UK, ini dia penjelasannya.

Baca Juga: 5 Tempat yang Bisa Jadi Sarang Nyamuk di Rumah, Waspada!

Iritasi kulit

Iritasi kulit dapat muncul akibat sprei yang jarang diganti, lantai yang kotor, hingga karpet yang jarang dicuci.

Pasalnya, permukaan-permukaan tersebut kerap menjadi “sarang” bagi debu, kutu kasur, bakteri, hingga partikel-partikel merugikan lainnya yang dapat memicu iritasi, alergi, hingga penyakit kulit lain. Jadi, pastikan Anda mengganti sprei serta membersihkan lantai dan karpet secara rutin.

Gangguan pencernaan

Sementara itu, gangguan pencernaan bisa disebabkan oleh tumpukan piring kotor, makanan yang kadaluwarsa, hingga isi kulkas yang berantakan.

Mengapa? Sebab, makanan yang kadaluwarsa bisa menjadi tempat berkembangbiak untuk bakteri E. Coli dan salmonella yang dapat mengganggu sistem pencernaan. Selain itu, tumpukan piring kotor dan isi kulkas yang kotor dapat menyebabkan kontaminasi silang yang memicu keracunan makanan.

Gangguan pernapasan

Tak hanya iritasi kulit, permukaan rumah yang kotor dan berdebu juga dapat menimbulkan gangguan pernapasan seperti alergi dan asma.

Selain sprei, lantai, dan karpet yang kotor, keberadaan debu dan partikel merugikan lainnya di udara juga dapat muncul dari ventilasi, gorden, hingga filter AC yang berdebu. Jadi, pastikan Anda memeriksa dan membersihkan tempat-tempat tersebut secara rutin sehingga terbebas dari debu.

Baca Juga: Ini Waktu yang Tepat untuk Mengganti Sprei dan Sarung Bantal di Rumah

Cedera

Jangan salah, rumah yang berantakan bisa menyebabkan cedera serius pada tubuh Anda, lo.

Pasalnya, rumah yang kotor dan berantakan kerap memiliki tumpukan barang yang berceceran di beberapa sudut rumah. Jika tidak segera dibersihkan, tumpukan barang ini bisa membuat Anda tersandung dan jatuh ke lantai. Bahkan, tumpukan barang tersebut juga dapat jatuh dan menimpa tubuh Anda.

Stres

Selain masalah kesehatan fisik, rumah yang kotor dan berantakan juga dapat berdampak pada kesehatan mental Anda.

Salah satu masalah yang paling kentara adalah stres yang muncul akibat terus-terusan melihat rumah berantakan. Tak hanya itu, rumah yang kotor dan berantakan juga dapat memicu rasa malas sehingga membuat Anda kurang produktif di rumah.

Nah, itulah beberapa masalah kesehatan yang dapat muncul akibat kondisi rumah yang dibiarkan kotor dan berantakan. Supaya terhindar dari masalah-masalah tersebut, yuk mulai rajin membersihkan rumah dari sekarang!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News