HOME, Keluarga

Warna-Warna Cat yang Tidak Cocok untuk Rumah Kecil, Apa Saja?

Warna-Warna Cat yang Tidak Cocok untuk Rumah Kecil, Apa Saja?

MOMSMONEY.ID - Memilih warna cat untuk rumah berukuran kecil memang bukan perkara mudah, sehingga sebaiknya tidak dilakukan sembarangan.

Sebab, jika salah memilih, rumah Anda bisa terasa makin sempit dan sesak sehingga kurang nyaman untuk ditempati. Sayang, kan?

Oleh karena itu, ada beberapa warna cat dinding yang sebaiknya Anda hindari untuk menghindari ketidaknyamanan tersebut. Apa saja warna yang dimaksud? Berikut penjelasannya.

Baca Juga: Sebabkan Gangguan Kesehatan, Ini Trik Mengatasi Bau Cat Dinding yang Menyengat

Putih

Selama ini, mungkin Anda selalu disarankan untuk menggunakan warna putih di ruangan yang sempit dan kecil. Ternyata, hal itu tidak seluruhnya benar, lo.

Dikutip dari The Good Painter, pemilihan warna putih yang salah justru akan membuat interior rumah Anda terasa dingin dan kaku layaknya di rumah sakit, sehingga kurang nyaman. Untuk menghindari kesan tersebut, lebih baik gunakan warna putih krem yang hangat atau abu-abu muda, dan hindari warna putih yang terlalu bersih.

Merah

Jika Anda ingin mengecat rumah kecil Anda dengan warna merah, tahan dulu keinginan tersebut. Sebab, warna merah sebenarnya kurang disarankan untuk rumah atau ruangan kecil.

Mengapa? Dilansir dari The Spruce, warna merah yang terkesan intens dan hangat bisa membuat interior rumah kecil Anda terasa panas, sehingga kurang nyaman. Solusinya, pilih variasi warna merah yang lebih kalem, misalnya merah kecoklatan.

Baca Juga: 7 Area Paling Kotor di Kamar Mandi, Yuk Rutin Bersihkan!

Oranye dan kuning

Walaupun terlihat menyenangkan, warna-warna seperti oranye dan kuning kurang disarankan untuk rumah kecil karena terlalu mencolok.

Selain mencolok, warna oranye dan kuning akan mudah membuat mata lelah, sehingga membuat momen beristirahat di rumah kurang nyaman. Jika Anda ingin menggunakan kedua warna tersebut, pilih variasi warna yang lebih kalem dan lembut sehingga tidak menyakiti mata.

Baca Juga: Bikin Rumah Terasa Hangat, Ini Makna Warna Kuning Menurut Feng Shui

Warna gelap

Penggunaan cat dinding warna gelap sudah lama dikenal dapat memberi ilusi ruangan yang makin kecil dan sempit, sehingga kurang direkomendasikan untuk rumah kecil.

Namun, warna gelap memang terlihat menarik untuk dipandang. Melansir laman cheatsheet.com, jika Anda sudah telanjur menyukai suatu warna gelap, pilihlah variasi warna yang satu atau dua tingkat lebih cerah untuk mengurangi kesan ruangan yang terlalu sempit.

Warna yang sedang tren

Tren warna cat dinding memang akan selalu berganti setiap saat. Namun, sebaiknya hindari penggunaan warna-warna tersebut pada rumah kecil dan sempit.

Sebab, warna-warna yang sedang tren belum tentu menjadi warna yang akan Anda sukai ke depannya. Jika digunakan di rumah yang sempit, Anda akan mudah menyadari keberadaan warna tersebut sehingga membuat kurang nyaman.

Nah, itulah beberapa warna yang tidak direkomendasikan untuk rumah kecil dan sempit. Selain warna-warna di atas, adakah warna lain yang menurut Anda juga perlu dihindari?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News