HOME, Keluarga

7 Area Paling Kotor di Kamar Mandi, Yuk Rutin Bersihkan!

7 Area Paling Kotor di Kamar Mandi, Yuk Rutin Bersihkan!

MOMSMONEY.ID - Kamar mandi adalah salah satu area di rumah yang cukup kotor, sebab selalu digunakan oleh penghuni rumah untuk membersihkan diri.

Oleh karena itu, membersihkan kamar mandi secara rutin perlu menjadi kegiatan yang wajib dilakukan oleh penghuni rumah. Kamar mandi yang bersih akan membantu mencegah penyebaran penyakit di rumah Anda.

Namun, apakah Anda yakin sudah membersihkan kamar mandi dengan saksama? Sebab, ada beberapa area di kamar mandi yang ternyata cukup kotor, lo.

Baca Juga: Mengenal Tanda-Tanda Kualitas Udara yang Buruk di Rumah, Yuk Waspada!

Ingin tahu area apa saja yang dimaksud? Berikut penjelasannya.

Wadah sikat gigi

Walaupun terlihat biasa saja, kenyataannya wadah sikat gigi dapat menampung banyak kotoran, kuman, dan bakteri yang berpindah dari sikat gigi. Dikutip dari hometowin.ca, Anda perlu membersihkan wadah sikat gigi secara rutin, misalnya seminggu sekali atau dua kali dalam sebulan.

Kloset

Ketika membicarakan tempat paling kotor di kamar mandi, mungkin area pertama yang terbayang di pikiran Anda adalah kloset. Saat Anda akan menyiram kloset, turunkan penutupnya supaya kuman dan bakteri yang terkumpul di mangkuk kloset tidak tersebar ke dudukan kloset dan seluruh kamar mandi.

Keset kaki

Karena digunakan untuk mengeringkan kaki saat keluar dari kamar mandi, keset kaki dapat menampung banyak kuman dan bakteri. Selain itu, keset kaki yang lembap juga dapat menjadi tempat pertumbuhan jamur. Jadi, pastikan Anda mengganti dan mencuci keset kamar mandi secara rutin.

Baca Juga: 5 Produk Pembersih Rumah yang Tidak Boleh Dicampur, Bahaya untuk Kesehatan!

Kepala pancuran

Mengutip House Beautiful, sebuah studi dari Universitas Colorado menemukan bahwa kepala pancuran dapat menjadi tempat pertumbuhan bakteri biofilm. Jika menumpuk, bakteri ini dapat mengontaminasi air yang keluar dari pancuran tersebut.

Keran

Sebagai salah satu area kamar mandi yang sering disentuh, keran merupakan benda yang penuh dengan bakteri dan kuman. Jika dibiarkan, keran dapat menjadi sumber penyebaran penyakit. Untuk mengatasinya, pastikan Anda membersihkan dan mengelap keran dengan cairan disinfektan setiap hari.

Baca Juga: 4 Tips Mengatasi Bau Tidak Sedap di Kamar Mandi, Udara Jadi Segar!

Wastafel

Sama seperti kloset, wastafel dapat menjadi sarang kuman dan bakteri karena menjadi tempat pembuangan kotoran. Untuk meminimalisir kuman dan bakteri, bersihkan dan sikat permukaan wastafel secara rutin dan tambahkan disinfektan sebagai pelengkap.

Bak mandi

Ketika Anda mandi di bathtub atau bak mandi, sisa-sisa kotoran dari tubuh Anda dapat menempel di sisi bak mandi sehingga menjadi sarang kuman dan bakteri. Seperti wastafel, pastikan Anda membersihkan dan menyikat seluruh permukaan bak mandi secara rutin untuk menyingkirkan kotoran, kuman, dan bakteri secara menyeluruh.

Itulah beberapa area kotor di kamar mandi yang perlu dibersihkan secara rutin. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News