Bugar

Wajib Dikonsumsi! 5 Makanan Ini Bisa Menyembuhkan Hepatitis B

Wajib Dikonsumsi! 5 Makanan Ini Bisa Menyembuhkan Hepatitis B

MOMSMONEY.ID - Hepatitis adalah kondisi peradangan hati. Saat hati meradang atau rusak, fungsinya bisa terpengaruh.

Penggunaan alkohol yang berlebihan, racun, beberapa obat, dan kondisi medis tertentu semuanya dapat menyebabkan hepatitis.

Infeksi hepatitis dapat disebabkan oleh jenis virus yang berbeda. Hepatitis B adalah infeksi hati yang disebabkan oleh virus hepatitis B. 

Penyakit hepatitis B sering terlambat dikenali karena jarang menunjukkan gejala yang signifikan. Meski begitu, ada beberapa gejala yang sering muncul sebagai tanda penyakit ini.

Orang dengan gangguan kesehatan ini bisa mengalami penurunan nafsu makan, mual dan muntah, nyeri di perut bagian bawah, hingga penyakit kuning. 

Baca Juga: Seberapa Penting Vaksin Dosis Ke-4 Covid-19? Ini Penjelasannya

Meski begitu, orang yang mengidap penyakit hepatitis B sebenarnya masih bisa hidup normal. Caranya adalah dengan mengubah pola hidup menjadi lebih sehat serta mengonsumsi banyak makanan bergizi yang baik untuk tubuh.

Dilansir dari Healthline, berikut ini adalah jenis makanan yang bisa menyembuhkan penyakit hepatitis B, antara lain: 

Protein

Asupan protein juga dibutuhkan oleh pengidap hepatitis B dan bisa membantu menyembuhkan gejala. Anda bisa mendapatkan asupan protein dari ikan, kacang-kacangan, telur, susu, yogurt, dan keju. 

Real food 

Agar hepatitis tidak semakin memburuk, disarankan untuk mengonsumsi real food alias “makanan asli”, yaitu makanan sehat yang kaya akan nutrisi.

Hal ini juga berarti menghindari jenis makanan berpengawet yang banyak mengandung sodium. 

Buah dan sayur

Buah dan sayur merupakan sumber vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh. Keduanya juga mengandung serat yang bersifat mengenyangkan sekaligus meringankan beban saluran cerna dalam memecah makanan.

Baca Juga: Wajib Dicoba! Ini Tips Ampuh Agar Selalu Tampil Awet Muda

Lemak baik

Makanan yang mengandung saturated fat harus dikurangi, sedangkan makanan dengan trans fat wajib dihindari. Saturated fat biasanya terdapat di daging merah dan poduk susu full-fat,sementara trans fat ada di gorengan maupun kue kering.

Rendah karbohidrat dan gula 

Salah satu kunci untuk menghindari komplikasi akibat hepatitis B adalah menjaga berat badan tetap ideal. Pasalnya, kelebihan berat badan alias obesitas bisa memperparah kondisi tubuh.

Salah satu caranya adalah dengan membatasi asupan makanan yang tinggi karbohidrat dan gula. Kebanyakan mengonsumsi makanan yang tinggi karbohidrat dan gula dikhawatirkan bisa memicu resistensi insulin, hingga risiko penyakit fatty liver. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News