Bugar

Wajib Dicoba! Ini Tips Ampuh Agar Selalu Tampil Awet Muda

Wajib Dicoba! Ini Tips Ampuh Agar Selalu Tampil Awet Muda

MOMSMONEY.ID - Tidak sedikit orang yang mencoba perawatan kulit mahal agar tetap terlihat awet muda dan memiliki kulit wajah yang sehat.

Padahal, cara awet muda dapat dilakukan dengan langkah-langkah yang sederhana tetapi mampu memberikan hasil yang sangat baik untuk penampilan maupun kesehatan.

Seiring pertambahan usia, kulit akan kehilangan elastisitasnya sehingga tanda-tanda penuaan pun bermunculan, mulai dari garis halus, keriput, hingga bercak atau flek pada kulit.

Dilansir dari Skin Health, ada beberapa tips ampuh yang dapat Anda coba lakukan agar tetap terlihat awet muda, di antaranya:

Baca Juga: Waspadai! 5 Kebiasaan Ini Bisa Menyebabkan Hipertensi

Olahraga secara rutin

Seiring pertambahan usia, kulit akan mulai mengendur karena produksi kolagen menurun dan massa otot berkurang. Proses penuaan bahkan akan berjalan lebih cepat bila Anda kurang aktif bergerak.

Tidur yang cukup

Sering begadang atau kurang tidur tidak hanya berakibat buruk bagi kesehatan, melainkan juga tampilan kulit Anda. 

Pasalnya, tidur merupakan waktu bagi tubuh untuk melakukan perbaikan atau pemulihan setelah menjalani aktivitas sehari-hari. 

Cukupi kebutuhan cairan tubuh

Penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih setidaknya 8 gelas setiap harinya. Kebiasaan baik ini bisa membuat kulit senantiasa lembap dan bercahaya.

Selain itu, mencukupi kebutuhan cairan tubuh juga penting untuk melancarkan fungsi pencernaan, sirkulasi darah, dan fungsi ginjal dalam membuang racun.

Baca Juga: Moms Wajib Tahu! Ini Gejala dan Cara Mengatasi Disleksia pada Anak

Kurangi stres

Saat merasa tertekan dan stres, tubuh akan memproduksi hormon kortisol yang dapat memicu kerusakan sel-sel tubuh. Hal ini bisa meningkatkan risiko terjadinya penuaan dini.

Selain itu, stres juga bisa membuat Anda susah tidur atau kurang menjaga pola makan, sehingga dapat memicu penuaan.

Konsumsi sayur dan buah

Konsumsi makanan sehat merupakan tips awet muda alami yang direkomendasikan oleh American Academy of Dermatology. 

Sejumlah studi menyebutkan makan banyak sayur-sayuran dan buah-buahan dapat mencegah kerusakan kulit yang menyebabkan munculnya tanda penuaan dini. 

Itulah sejumlah tips ampuh agar selalu tampil awet muda. Anda bisa memulainya sejak dini secara rutin karena tidak ada kata terlambat untuk memulai berbagai tips awet muda dan cantik. 

Namun ingat, jangan melakukannya secara berlebihan untuk mencegah risiko yang mungkin tidak diinginkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News