Bugar

Seberapa Penting Vaksin Dosis Ke-4 Covid-19? Ini Penjelasannya

Seberapa Penting Vaksin Dosis Ke-4 Covid-19? Ini Penjelasannya

MOMSMONEY.ID - Demi memutus rantai penularan Covid-19, pemerintah Indonesia kian gencar menerapkan program pemberian vaksin booster atau dosis ketiga.

Namun, belakangan ini muncul perdebatan baru, terkait apakah vaksin dosis keempat perlu diberikan atau tidak. Pasalnya, sejumlah negara mulai gencar pemberian vaksin dosis keempat. 

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat, tiga dosis vaksin tidak cukup untuk lansia berusia 50 tahun ke atas, dan orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Baca Juga: Cara Tepat Mengantisipasi Cacar Monyet yang Perlu Anda Ketahui

Alhasil, CDC merekomendasikan kalangan tersebut untuk mendapatkan vaksinasi dosis keempat demi perlindungan optimal terhadap COVID-19. 

Para ahli berpendapat bahwa orang dengan gangguan kekebalan harus mendapat vaksin booster kedua karena berisiko lebih tinggi terinfeksi.

Meskipun mereka telah menjalani dosis vaksinasi lengkap, kelompok ini juga lebih berisiko mengalami komplikasi COVID-19 yang parah. Bahkan, berpotensi menyimpan mutasi lebih ganas. 

Sebenarnya, CDC telah mengeluarkan panduan yang merekomendasikan dosis keempat pada Oktober 2021.

CDC menyatakan orang dengan sistem kekebalan lemah harus menunggu dalam waktu yang lebih singkat, untuk mendapatkan dosis booster tambahan di tengah pandemi COVID-19.

Di Indonesia sendiri, juru bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Mohammad Syahril mengklarifikasi, saat ini pemerintah belum merencanakan vaksinasi dosis keempat atau booster kedua. “Untuk koreksi dan konfirmasi, saat ini pemerintah kita masih memprioritaskan vaksin booster pertama atau vaksin ketiga,” ujar Syahril, dikutip dari salah satu media daring nasional, Senin (25/7/2022).

Baca Juga: 10 Tanaman Herbal yang Bisa Membunuh Sel Kanker dalam Tubuh

Namun vaksinasi dosis keempat atau booster kedua sudah mulai diberikan kepada para tenaga kesehatan karena banyaknya kasus positif pada tenaga kesehatan.

Dapat dikatakan bahwa vaksinasi keempat masih dalam proses yang panjang di Indonesia. Untuk itu, pemerintah fokus dalam meningkatkan cakupan vaksin booster atau ketiga terlebih dahulu. 

Itulah penjelasan mengenai pertanyaan seberapa penting vaksin COVID-19 dosis keempat. Hal ini sebenarnya masih abu-abu karena para ahli masih memiliki pandangan yang berbeda terkait efektivitasnya.

Mengingat kenaikan kasus Covid-19 kembali terjadi, penting untuk senantiasa, menjaga prokes dan menjaga sistem kekebalan tubuh dengan baik. Karena itu, pastikan untuk mengonsumsi makanan sehat dan vitamin setiap harinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News