CLOSE [X]
ads

Wajib Dihindari! Ini 4 Kebiasaan yang Memicu Kolesterol Tinggi Pada Remaja

Reporter: Helvana Yulian
Senin, 24 Januari 2022 | 10:58 WIB
Wajib Dihindari! Ini 4 Kebiasaan yang Memicu Kolesterol Tinggi Pada Remaja

ILUSTRASI. Kebiasaan yang Memicu Kolesterol Tinggi Pada Remaja


MOMSMONEY.ID - Kolesterol adalah zat lemak yang berasal dari hati, juga makanan tertentu yang dikonsumsi. Tubuh menggunakannya dalam produksi sel, vitamin, dan hormon.

Namun, jika kadar kolesterol terlalu tinggi, hal tersebut dapat menyebabkan masalah bagi semua orang dari segala usia.

Ada banyak hal atau faktor yang bisa jadi dalang dari tingginya kadar kolesterol. Secara alami, penuaan juga bisa membuat risiko kolesterol tinggi meningkat.

Namun, kondisi ini juga bisa dipengaruhi oleh faktor gaya hidup atau kebiasaan yang mungkin tidak kamu sadari. 

Baca Juga: Inilah Sederet Manfaat Alpukat untuk Ibu Hamil dan Janin

Dilansir dar Helath Focus, berikut ini beberapa kebiasaan yang memicu kolesterol tinggi pada remaja yang perlu Anda ketahui, antara lain: 

1. Kebiasaan merokok

Kebiasaan yang memicu kolesterol tinggi pada remaja pertama adalah kebiasaan merokok. Aktif merokok dalam menyebabkan naiknya kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Hal ini dikarenakan adanya zat-zat akrolein yang dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh dengan cara menghalangi kerja enzim yang bertanggung jawab menjaga kadar LDL agar tetap pada batas normal. 

2. Konsumsi makanan tidak sehat

Kebiasaan yang memicu kolesterol tinggi pada remaja kedua adalah konsumsi makanan tidak sehat. Kebiasaan pemicu kolesterol tinggi yang pertama adalah konsumsi makanan tidak sehat.

Makanan dengan kandungan tinggi lemak jenuh, lemak trans, atau gula dapat memicu peningkatan kadar kolesterol jahat dan penurunan kadar kolesterol baik. Agar kadar kolesterol selalu normal, sebaiknya jauhi makanan jenis ini.

Editor: Helvana Yulian

Terbaru