Bugar

Wajib Dicoba! Inilah 4 Olahraga yang Efektif Melancarkan Haid

Wajib Dicoba! Inilah 4 Olahraga yang Efektif Melancarkan Haid

MOMSMONEY.ID - Inilah beberapa olahraga yang efektif melancarkan haid yang bisa Anda coba secara rutin.

Olahraga untuk melancarkan haid mungkin terdengar tidak meyakinkan bagi sebagian orang. Haid kerap menjadi alasan bagi wanita enggan berolahraga. 

Hal itu biasanya karena tubuh terasa tidak nyaman saat haid, apalagi jika siklus haid terganggu. Namun, tidak semua jenis latihan baik untuk dilakukan saat haid.

Dilansir dari Women Health, berikut beberapa olahraga yang efektif melancarkan haid yang bisa Anda coba secara rutin, antara lain: 

Baca Juga: Moms Wajib Tahu! Ini 5 Efek Samping Minum Pil KB yang Perlu Anda Ketahui

1. Yoga

Olahraga yang efektif melancarkan haid yang pertama adalah yoga. Yoga sudah terbukti efektif dalam meringankan berbagai keluhan haid.

Sebuah penelitian menunjukkan, latihan yoga membantu menyeimbangkan hormon yang terkait dengan siklus haid tidak teratur. 

2. Pilates

Olahraga yang efektif melancarkan haid yang kedua adalah pilates. Stres adalah salah satu faktor yang dapat menyebabkan haid tidak lancar.

Latihan untuk menurunkan stres dapat membantu mengatasi haid tidak lancar. 

Sama halnya dengan yoga, latihan pilates juga dapat membantu membuat tubuh lebih rileks dan bisa dilakukan sejak 2-3 hari sebelum haid. 

3. Jalan kaki ringan

Olahraga yang efektif melancarkan haid yang ketiga adalah jalan kaki ringan. Olahraga untuk melancarkan haid yang dapat Anda lakukan adalah jalan kaki ringan. 

Olahraga ini bisa meringankan nyeri haid. Menurut sebuah penelitian, paru-paru bekerja lebih baik pada akhir periode haid, sehingga bisa menjadi waktu pilihan untuk melakukannya. 

Baca Juga: Jangan Langsung Panik, Kenali Sederet Penyebab Haid Tidak Teratur

4. Latihan aerobik ringan

Olahraga yang efektif melancarkan haid yang selanjutnya adalah latihan aerobik ringan. Olahraga untuk melancarkan haid selanjutnya adalah latihan aerobik ringan.

Ini adalah jenis latihan yang dapat membuat jantung Anda memacu lebih kuat. Beberapa jenis latihan aerobik ringan antara lain adalah joging, berenang dan bersepeda. 

Berolahraga saat haid sebaiknya pilih jenis latihan yang ringan. Hentikan latihan jika merasa letih atau muncul gejala lain yang mengganggu. 

Periksakan kepada dokter jika haid tidak lancar berlangsung lama, khususnya jika disertai gejala berat seperti nyeri tak tertahankan yang tidak membaik dengan perawatan mandiri.

Itulah beberapa olahraga yang efektif melancarkan haid yang bisa Anda coba secara rutin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News