Bugar

Jangan Langsung Panik, Kenali Sederet Penyebab Haid Tidak Teratur

Jangan Langsung Panik, Kenali Sederet Penyebab Haid Tidak Teratur

MOMSMONEY.ID - Inilah sederet penyebab haid tidak teratur yang perlu Anda ketahui agar bisa mengatasinya dengan tepat dan jangan panik.

Telat haid merupakan salah satu tanda seorang perempuan sedang hamil. Namun, bukan berarti kondisi ini selalu dikaitkan dengan kehamilan. 

Ada berbagai kondisi lain yang juga dapat menjadi penyebab terlambatnya datang bulan. Telat haid bisa saja merupakan ciri hamil 1 minggu. 

Selain itu, dirangkum dari Everyday Health dan Women Health, inilah sederet penyebab haid tidak teratur yang perlu Anda ketahui, antara lain: 

Baca Juga: Meskipun Banyak Manfaatnya, Ini 5 Efek Samping Pil KB yang Perlu Anda Ketahui

1. Stres

Penyebab haid tidak teratur yang perlu Anda ketahui pertama adalah stres dan jika stres tidak diatasi bisa menghambat siklus haid.

Stres bisa berdampak pada hormon dan bagian otak yang bertugas mengatur siklus haid. Kondisi tersebut pada gilirannya akan mengganggu siklus haid. 

Jika terjadi hingga berkepanjangan, stres bisa memicu penyakit atau perubahan berat badan secara tiba-tiba, baik berupa peningkatan maupun penurunan.  

2. Gangguan tiroid

Penyebab haid tidak teratur yang perlu Anda ketahui kedua adalah adanya gangguan tiroid.

Kelenjar tiroid yang terlalu aktif atau kurang aktif juga dapat memengaruhi siklus haid, sebab perannya dalam mengatur metabolisme tubuh bisa berdampak pada produksi hormon. 

Seiring dengan pengobatan tiroid yang dijalani, haid pun dapat kembali normal dan selalu melakukan pola hidup sehat.

3. Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS)

Penyebab haid tidak teratur yang perlu Anda ketahui selanjutnya adalah sindrom ovarium polikistik atau PCOS. PCOS juga bisa memicu siklus haid terlambat.

Menurut ahli di National Institutes of Health - Medline Plus, PCOS merupakan adanya kelainan pada hormon dan sistem metabolisme tubuh, sehingga fungsi indung telur terganggu. 

Kondisi inilah ujung-ujungnya bisa membuat periode haid tidak teratur. Sayangnya sampai kini penyebab PCOS belum diketahui pasti. 

Akan tetapi, ada dugaan kuat kalau penyakit ini berkaitan dengan kondisi lain. Contohnya, sindrom metabolik atau resistensi insulin. 

4. Ketidakseimbangan hormon

Penyebab haid tidak teratur yang perlu Anda ketahui keempat adalah adanya ketidakseimbangan hormon dalam tubuh. 

Ketidakseimbangan hormon juga bisa menyebabkan haid tidak teratur. Ada dua hormon yang memainkan peran di sini. 

Pertama, hormon estrogen yang memengaruhi kesuburan dan siklus haid terganggu yang mengakibatkan siklus haid tidak teratur. 

Lalu, kedua ada hormon progesteron yang membantu mengatur sistem reproduksi dalam mempersiapkan terjadinya kehamilan, termasuk siklus haid. 

Baca Juga: Deteksi Lebih Dini, Ini Sederet Gejala Kanker Serviks pada Remaja

5. Penggunaan alat kontrasepsi hormonal

Penyebab haid tidak teratur yang perlu Anda ketahui terakhir adalah penggunaan alat kontrasepsi hormonal. Penggunaan alat kontrasepsi hormonal jadi penyebab telat haid berbulan-bulan.

Hal ini karena konsumsi pil KB mengandung hormon estrogen dan progestin sehingga menghambat ovarium melepaskan sel telur. 

Jika penggunaan alat kontrasepsi hormonal jadi penyebab telat haid berbulan-bulan yang mungkin Anda alami, Anda bisa menghentikan dulu konsumsi pil KB setidaknya 6 bulan lamanya.  

Kondisi telat haid tidak boleh dibiarkan terlalu lama. Begitu Anda menyadari sudah 3 bulan tidak haid, jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

Itulah sederet penyebab haid tidak teratur yang perlu Anda ketahui agar bisa mengatasinya dengan tepat dan jangan panik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News