Bugar

Moms Wajib Tahu! Ini 5 Efek Samping Minum Pil KB yang Perlu Anda Ketahui

Moms Wajib Tahu! Ini 5 Efek Samping Minum Pil KB yang Perlu Anda Ketahui

MOMSMONEY.ID - Inilah beberapa efek samping minum pil KB yang perlu Anda ketahui. Pil KB adalah jenis alat kontrasepsi yang umum digunakan banyak orang untuk mencegah kehamilan. 

Obat oral ini bekerja dengan cara mencegah tubuh memproduksi sel telur, sehingga tidak ada yang bisa dibuahi sperma dan kehamilan pun tidak terjadi. 

Selain membantu perencanaan kehamilan, pil KB juga digunakan untuk mengatasi menstruasi yang berat dan menyakitkan, endometriosis, atau sindrom pramenstruasi (PMS), dikutip dari Women Helath.

Terlepas dari apa pun tujuan penggunaannya, ada baiknya kamu ketahui dulu efek samping yang bisa disebabkan oleh pil KB sebelum mengonsumsinya.   

Meski efektif dalam mencegah kehamilan, pil KB juga dapat menimbulkan efek samping.

Baca Juga: Cara Mengatasi Keputihan yang Mengganggu, Moms Wajib Tahu!

Dilansir dari Women Health dan Helatline, berikut ini adalah beberapa efek samping minum pil KB yang perlu Anda ketahui, antara lain: 

1. Gairah seks yang menurun

Efek samping minum pil KB yang pertama adalah gairah seks yang menurun. Jika mengalami hal ini, Anda bisa mencoba jenis pil KB yang berbeda.

Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter, karena beberapa wanita bisa mendapatkan kembali gairah seksnya setelah beralih ke pil KB yang bekerja seperti hormon androgen. 

2. Sakit kepala dan nyeri payudara

Efek samping minum pil KB yang kedua adalah sakit kepala dan nyeri payudara. Efek samping pil KB ini biasanya hanya terasa beberapa hari sekali.

Keluhan ini bisa diatasi dengan obat pereda nyeri yang bisa dibeli di apotek, seperti paracetamol. Jika tidak membaik, Anda bisa mengganti merek pil KB atau beralih ke jenis KB lainnya yang sesuai dengan anjuran dokter. 

3. Pendarahan di luar masa haid 

Efek samping minum pil KB yang ketiga adalah pendarahan di luar masa haid. Pengguna pil KB bisa saja mengalami efek samping berupa perdarahan di luar masa haid.

Efek samping ini bisa dicegah dengan mengonsumsi pil KB pada waktu yang sama setiap harinya. 

Jika Anda sudah mengonsumsinya secara teratur tetapi masih saja mengalami perdarahan di luar masa haid, sebaiknya periksakan ke dokter. 

Baca Juga: Catat, Begini Cara Menghitung Siklus Menstruasi dan Masa Subur yang Tepat

4. Kenaikan berat badan

Efek samping minum pil KB yang selanjutnya adalah adanya kenaikan berat badan. Efek samping pil KB yang dari dulu banyak ditakutkan wanita adalah kenaikan berat badan.

Efek samping ini memang ada jika pil KB mengandung estrogen dengan kadar yang tinggi sehingga membuat nafsu makan meningkat dan memicu penimbunan cairan di dalam tubuh. 

5. Perubahan suasana hati yang terjadi secara mendadak

Efek samping minum pil KB yang terakhir adalah adanya perubahan suasana hati yang terjadi secara mendadak. 

Layaknya PMS, perubahan hormon yang terjadi karena pil KB dapat berpengaruh pada suasana hati.

Jika mood swing yang dirasakan tidak terlalu parah, Anda bisa mencoba olahraga atau relaksasi untuk meredakannya. 

Itulah beberapa efek samping pil KB yang perlu diketahui. Pil KB biasanya aman digunakan oleh kebanyakan wanita. 

Namun, bila kamu mengalami salah satu efek samping di atas setelah mengonsumsi pil KB dan efeknya tidak kunjung mereda atau parah, sebaiknya bicarakan dengan dokter.

Itulah beberapa efek samping minum pil KB yang perlu Anda ketahui. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News