Keluarga

Urutan Skincare Pria yang Benar untuk Hasil Maksimal, Jangan Sampai Keliru Ya!

Urutan Skincare Pria yang Benar untuk Hasil Maksimal, Jangan Sampai Keliru Ya!

MOMSMONEY.ID - Pria merapat, inilah urutan skincare pria yang benar untuk hasil maksimal.

Bukan hanya kaum hawa yang boleh menggunakan skincare. Para pria pun sangat disarankan untuk merawat kulit mereka dengan menggunakan skincare.

Supaya hasilnya maksimal, Anda para pria harus menggunakan skincare dengan urutan yang tepat.

Tidak jauh berbeda dengan urutan skincare wanita, berikut urutan skincare pria yang benar untuk hasil maksimal:

Baca Juga: Pria Wajib Tahu, Ini 4 Cara Merawat Kulit Berjenggot dengan Tepat

1. Cuci muka dua kali sehari

Urutan skincare pria yang pertama yaitu mencuci muka. Tak harus berlebihan, pastikan Anda mencuci muka dua kali sehari pada pagi dan malam hari.

Ini bertujuan untuk membersihkan kotoran, debu, polusi, dan sisa skincare yang masih menempel pada wajah Anda.

Untuk pria dengan kulit kering, gunakanlah sabun wajah yang memiliki formula melembabkan. Sementara itu, pria pemilik kulit berminyak bisa memilih sabun wajah berbentuk gel yang mengandung salicylic acid dan formula oil control.

2. Pakai toner

Urutan skincare pria yang kedua yaitu memakai toner. Penggunaan toner bermanfaat untuk membantu mengembalikan ph kulit sekaligus melembabkannya.

Plus, toner dapat membantu menghilangkan kotoran atau residu sabun cuci muka yang masih tertinggal pada wajah.

Anda bisa menuangkan toner ke kapas lalu menggosokkannya secara lembut ke seluruh wajah dan leher. Atau, tuang toner secukupnya ke telapak tangan yang bersih kemudian tepuk-tepukkan secara perlahan ke dahi, pipi, dan leher. Jika perlu, gunakan ujung jari untuk membaurkan toner agar lebih merata.

3. Aplikasikan serum

Urutan skincare pria yang ketiga yaitu mengaplikasikan serum. Serum adalah produk skincare yang mengandung bahan berkonsentrasi tinggi dibandingkan produk skincare lainnya.

Umumnya, serum dikemas dalam botol yang dilengkapi dengan pipet. Untuk hasil terbaik, cukup teteskan 2-3 tetes serum ke telapak tangan lalu gosok-gosok sampai cairan serum menyebar ke seluruh telapak tangan. Setelah itu, tepuk-tepukkan telapak tangan Anda ke dahi, kemudian dari pangkal hidung ke arah luar menuju pipi.

Ingat, pilihlah serum sesuai masalah kulit Anda alih-alih jenis kulit. Misal, untuk mengatasi jerawat, pilihlah serum yang mengandung salicylic acid, witch hazel, atau tea tree oil.

Baca Juga: Ini 4 Jenis Primer Wajah Beserta Fungsinya, Tak Lagi Bingung Pilih Primer

4. Oleskan eye cream

Urutan skincare pria yang keempat yaitu mengoleskan eye cream. Kulit di sekitar mata memiliki kelenjar minyak yang lebih sedikit dibandingkan area wajah lainnya, sehingga cenderung kering. Jika dibiarkan, kekeringan ini bisa membuat garis-garis halus dan kerutan di sekitar mata terlihat lebih jelas.

Nah, untuk membantu menghidrasi kulit di sekitar mata, pastikan Anda tidak melewatkan penggunaan eye cream.

Ambil eye cream secukupnya lalu tekan-tekan secara lembut menggunakan jari manis ke bagian bawah mata. Mengapa jari manis? Karena, jari manis merupakan jaring paling lemah, sehingga dapat mengurangi kemungkinan kulit mata tertarik.

5. Menggunakan moisturizer

Urutan skincare pria yang kelima yaitu menggunakan moisturizer atau pelembab. Termasuk basic skincare, moisturizer penting untuk memberikan hidrasi yang dibutuhkan kulit.

Bagi pemilik kulit berminyak, moisturizer akan mencegah kulit semakin berminyak.

Sebaliknya, jika Anda melewatkan penggunaan moisturizer, kelenjar sebasea akan memproduksi lebih banyak minyak untuk mengimbangi kekeringan.

6. Jangan lupa sunscreen

Urutan skincare pria yang terakhir yaitu mengaplikasikan sunscreen. Sebelum memulai aktivitas di luar ruangan pada pagi atau siang hari, aplikasikanlah sunscreen secara merata pada wajah dan leher.

Sunscreen akan membantu melindungi kulit dari bahaya sinar UV penyebab kanker kulit serta tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan, garis-garis halus, dan bintik-bintik hitam.

Sekali pun cuaca tampak mendung, jangan sampai Anda melewatkan penggunaan sunscreen. Gunakan sunscreen dengan SPF minimal 15 sebanyak 2 ruas jari untuk sekali pemakaian. Setiap 2 jam sekali, aplikasikan kembali sunscreen pada wajah dan leher untuk perlindungan maksimal.

Itulah urutan skincare pria yang benar untuk hasil maksimal. Jangan lupa dicatat dan diterapkan ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News