Keluarga

Pria Wajib Tahu, Ini 4 Cara Merawat Kulit Berjenggot dengan Tepat

Pria Wajib Tahu, Ini 4 Cara Merawat Kulit Berjenggot dengan Tepat

MOMSMONEY.ID - Pria wajib tahu, ini 4 cara merawat kulit berjenggot dengan tepat.

Tidak sedikit pria yang kurang termotivasi untuk merawat kulit wajah mereka, terutama di area kulit yang ditumbuhi jenggot.

Padahal, mengabaikan kulit di bawah jenggot dapat menyebabkan beberapa masalah termasuk jerawat dan tanda-tanda penuaan seperti keriput.

Mulai sekarang, yuk buang rasa malas Anda dan terapkan 4 cara merawat kulit berjenggot dengan tepat yang dilansir dari Skinkraft Laboratories berikut ini.

Baca Juga: Ini 4 Jenis Primer Wajah Beserta Fungsinya, Tak Lagi Bingung Pilih Primer

1. Bersihkan wajah dengan produk yang tepat

Cuci muka pria

Tahap pertama dari setiap rutinitas skincare selalu dimulai dengan pembersihan. Untuk membersihkan wajah secara menyeluruh, gunakanlah produk pembersih yang ringan dan alami. Ini akan membantu menghilangkan sel-sel kulit mati, kotoran, dan minyak berlebih termasuk di bawah jenggot.

Untuk kulit acne-prone atau normal, gunakanlah produk pembersih wajah yang memiliki formula non-comedogenic dan mengandung salicylic acid atau glycolic acid. Jika kulit Anda kering atau sensitif, Anda bisa menggunakan produk yang menghidrasi dan bebas pewangi.

Apabila Anda memiliki masalah seperti ketombe pada kulit jenggot, pertimbangkan untuk menggunakan sampo jenggot. Tak hanya mengatasi ketombe, sampo jenggot juga dapat membantu merawat kulit di bawah jenggot.

2. Pakai pelembab

Perawatan Kulit Pria

Sesaat setelah mencuci muka menggunakan produk pembersih wajah yang tepat, segera pakai pelembab guna mengembalikan kelembaban pada wajah Anda.

Sama seperti membersihkan wajah, Anda juga harus menggunakan produk pelembab yang sesuai dengan jenis kulit.

Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan face oil untuk melembabkan kulit wajah. Oleskan juga sedikit face oil pada area yang berjenggot untuk memastikan kulit di bawahnya menjadi lembab.

Baca Juga: Pahami 5 Manfaat Minyak di Wajah yang Tidak Selalu Buruk

3. Eksfoliasi secara teratur

Setidaknya seminggu sekali, lakukanlah eksfoliasi wajah termasuk pada kulit di bawah jenggot.

Eksfoliasi secara teratur akan mengangkat sel kulit mati dan kotoran yang menumpuk di dalam pori-pori. Anda bisa menggunakan scrub wajah untuk melakukan rutinitas ini.

Selain menggunakan produk scrub wajah siap pakai, Anda juga dapat membuatnya sendiri dengan mencampurkan gula dan madu.

Agar folikel rambut jenggot tidak robek, selalu ingat untuk tidak terlalu keras saat mengaplikasikan scrub pada wajah Anda ya.

4. Sisir jenggot Anda

Sama halnya dengan rambut, jenggot juga perlu disisir supaya tetap lembut, tidak kusut, dan tidak menyebabkan kerusakan yang tidak diinginkan pada kulit di bawahnya.

Dengan rajin menyisir jenggot, itu akan membantu jenggot Anda tetap tumbuh ke arah bawah.

Plus, menyisir jenggot juga dapat membantu mendistribusikan produk pelembab atau face oil yang Anda gunakan secara merata.

Demikian 4 cara merawat kulit berjenggot dengan tepat. Semoga membantu ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News