Keluarga

Ini 4 Jenis Primer Wajah Beserta Fungsinya, Tak Lagi Bingung Pilih Primer

Ini 4 Jenis Primer Wajah Beserta Fungsinya, Tak Lagi Bingung Pilih Primer

MOMSMONEY.ID - Bingung cari primer yang sesuai dengan kebutuhan kulit? Cari tahu dulu 4 jenis primer wajah beserta fungsinya di sini.

Primer merupakan salah satu langkah skin preparation yang sebaiknya tidak Anda lewatkan jika menginginkan hasil makeup yang maksimal.

Bukan tanpa alasan, penggunaan primer terbilang penting karena produk ini mampu menciptakan dasar makeup yang halus. Juga, membantu meringkas pori-pori besar secara instan dan membuat hasil makeup lebih tahan lama.

Di pasaran, ada setidaknya 4 jenis primer wajah yang populer. Melansir Maybelline, berikut 4 jenis primer wajah beserta fungsinya yang harus Anda tahu sebelum membeli salah satunya:

Baca Juga: Brand Lokal Ini Suarakan Women Empowerment lewat Perhiasan

1. Matte primer

Emina Pore Ranger

Cocok untuk kulit berminyak, matte primer mampu membantu mengaburkan tampilan pori-pori besar.

Selain itu, primer jenis ini juga dapat membantu menyamarkan garis-garis halus dan mencegah foundation bergeser untuk waktu yang lama.

Biasanya, matte primer berbasis silikon yang mampu meratakan tekstur kulit. Kandungan silikon dalam matte primer akan mengisi pori-pori dan menciptakan dasar makeup yang halus untuk hasil yang mulus.

2. Hydrating primer

Hydrating primer

Selanjutnya ada hydrating primer. Disebut juga sebagai primer berbasis minyak, hydrating primer sangat cocok untuk para pemilik kulit kering.

Primer ini biasanya diformulasikan dengan minyak yang melembabkan dan menutrisi kulit. Umumnya, hydrating primer juga mengandung hyaluronic acid dan antioksidan.

Untuk fungsinya sendiri, hydrating primer dapat memastikan kulit ternutrisi secara mendalam sekaligus mencegah tambalan kering penyebab makeup terlihat cakey dan kurang mulus.

Jika kulit Anda bertipe kering, hydrating primer akan memastikan makeup dan kulit Anda tidak mengelupas serta tidak kusut sepanjang hari.

Baca Juga: 4 Penyebab Wajah Terlihat Kusam Saat Menggunakan Makeup, Sudah Tahu?

3. Illuminating primer

Illuminating primer

Cara kerja illuminating primer sangat mirip dengan primer berbasis silikon. Bedanya, illuminating primer mampu memberikan sedikit kilau pada kulit wajah.

Saat Anda mengaplikasikan foundation di atas illuminating primer, itu akan membuat kulit Anda tampak dewy dan glowing layaknya kaca.

Karena efeknya tersebut, illuminating primer sangat cocok digunakan untuk acara spesial yang tergolong formal.

4. Colour correcting primer

Colour correcting primer

Jenis primer wajah yang terakhir adalah colour correcting primer. Ini adalah primer wajah yang dapat membantu menetralkan warna dasar kulit.

Apabila Anda memiliki lingkaran hitam di bawah mata atau kondisi rosacea, maka colour correcting primer layak Anda pilih.

Pasalnya, colour correcting primer bisa membantu mengoreksi dan menetralkan rona kulit yang tidak merata.

Untuk membantu menghilangkan kemerahan pada wajah, Anda dapat menggunakan colour correcting primer warna hijau. Dengan menggunakan colour correcting primer warna hijau, itu akan memastikan kemerahan tertutup sempurna setelah foundation diaplikasikan.

Itulah 4 jenis primer wajah beserta fungsinya. Kira-kira, primer mana yang sesuai dengan kebutuhan kulit Anda?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News