Keluarga

Udara di Rumah Terasa Panas? Ini Cara Mengatasinya!

Udara di Rumah Terasa Panas? Ini Cara Mengatasinya!

MOMSMONEY.ID - Pada bulan Agustus, Indonesia tengah mengalami musim kemarau yang identik dengan udara panas serta sinar matahari yang terik.

Perpaduan antara udara panas, sinar matahari yang terik, dan kelembapan udara yang tinggi di negara tropis seperti Indonesia tentu kurang menyenangkan karena bisa mengganggu kenyamanan di rumah.

Nah, untuk membantu mengatasi permasalahan udara panas di rumah, ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan. Dirangkum dari This Old House, Huffpost, dan Goodliving, berikut tipsnya.

Baca Juga: Mengapa Warna Biru Populer untuk Kamar Mandi? Simak Alasannya di Sini!

Nyalakan AC atau kipas angin

Menyalakan AC atau kipas angin adalah salah satu cara termudah untuk mengatasi udara panas di rumah.

Walaupun kipas angin sifatnya hanya memutarkan udara di sekeliling ruangan, alat ini ampuh menurunkan suhu di dalam ruangan secara signifikan. Di sisi lain, menggunakan AC tak hanya dapat menurunkan suhu udara, tapi juga menurunkan tingkat kelembapan udara di suatu ruangan.

Buka jendela dan pintu

Membuka jendela dan pintu rumah akan membantu mengalirkan udara ke seluruh penjuru rumah, sehingga melancarkan sirkulasi udara dan membuat rumah terasa lebih sejuk.

Hanya saja, pastikan Anda menutup pintu ruangan yang sedang tidak terpakai supaya udara sejuk yang masuk ke rumah bisa terpusat ke ruangan yang Anda tempati.

Blokir sinar matahari yang masuk ke rumah

Sinar matahari yang intens bisa menjadi sumber panas yang cukup mengganggu di rumah. Oleh karena itu, Anda bisa mencoba mengurangi udara panas di rumah dengan cara memblokir sinar matahari yang masuk.

Caranya, Anda cukup menutup jendela dengan gorden yang tebal dan tidak tembus cahaya. Anda bisa membeli gorden berjenis blackout curtain yang didesain secara khusus untuk memblokir sinar matahari supaya tidak masuk ke dalam rumah. Atau, gunakan benda-benda lain yang bisa mengurangi intensitas sinar matahari di dalam rumah.

Baca Juga: Tips Merawat Furnitur Outdoor Supaya Awet, Coba Yuk!

Kenakan pakaian tipis

Mengenakan pakaian dengan bahan yang tipis dan tidak terlalu ketat akan membantu melepaskan panas tubuh dengan lebih mudah, sehingga tubuh Anda tidak mudah terasa panas. Cobalah menggunakan pakaian berbahan katun atau bahan lainnya yang adem dan breathable.

Tak hanya itu, Anda juga bisa mengganti sprei dengan bahan yang dingin dan sejuk supaya bisa bersantai di rumah dengan lebih nyaman.

Mandi

Selain mengenakan pakaian yang tipis dan breathable, Anda juga bisa mandi dengan air dingin untuk membantu mengatasi rasa gerah akibat udara panas di rumah.

Jadi, Anda tak perlu repot-repot menyalakan kipas angin atau AC untuk menyejukkan diri.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi udara panas di rumah. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News