Keluarga

Tips Merawat Furnitur Outdoor Supaya Awet, Coba Yuk!

Tips Merawat Furnitur Outdoor Supaya Awet, Coba Yuk!

MOMSMONEY.ID - Menambahkan furnitur pada area outdoor rumah seperti teras dan taman merupakan salah satu cara untuk mempercantik dan menambah fungsi eksterior rumah. Misalnya, Anda bisa bersantai atau menerima tamu di luar rumah sambil menikmati udara segar.

Karena akan terus-menerus terpapar kondisi di luar rumah seperti hujan dan cahaya matahari yang terik, furnitur outdoor perlu dirawat dengan baik supaya tidak cepat rusak dan bisa awet hingga bertahun-tahun.

Pada dasarnya, perawatan furnitur outdoor tidak sulit, kok. Asalkan dilakukan secara rutin, tampilan furnitur outdoor di rumah Anda akan terjaga.

Jadi, apa saja yang perlu dilakukan untuk merawat furnitur outdoor? Dilansir dari Décor Outdoor, Family Handyman, dan Gardenista, berikut tipsnya.

Baca Juga: Mengapa Warna Biru Populer untuk Kamar Mandi? Simak Alasannya di Sini!

Hindari produk pembersih yang keras

Pertama, selalu perhatikan produk pembersih yang Anda gunakan untuk membersihkan furnitur outdoor.

Saat membersihkan furnitur outdoor dengan bahan apapun (kayu hingga besi), selalu hindari penggunaan produk pembersih yang mengandung bahan kimia keras, misalnya asam, solvent, atau alkohol.

Pasalnya, penggunaan bahan-bahan tersebut dapat menggores dan mengikis permukaan furnitur, sehingga mengurangi tampilannya.

Gunakan alat pembersih yang lembut

Sama seperti produk pembersih, pastikan Anda menggunakan alat pembersih yang lembut dan tidak abrasif supaya furnitur yang dibersihkan tidak tergores.

Misalnya, selalu gunakan kain dengan permukaan yang halus seperti microfiber atau kain katun biasa. Atau, gunakan sikat dengan bulu-bulu yang rapat, halus, dan tidak kaku.

Baca Juga: Bisa Kurangi Tagihan, Ini Cara Simpel Hemat Listrik di Rumah!

Berikan coating atau pelapis tambahan

Seperti yang disebutkan sebelumnya, furnitur outdoor lebih rentan terpapar berbagai kondisi cuaca di luar rumah, mulai dari hujan hingga sinar matahari. Apalagi, furnitur dengan bahan tertentu (misalnya kayu) jauh lebih rentan rusak dibandingkan furnitur berbahan lainnya.

Untuk membantu meminimalisir risiko furnitur yang rusak akibat paparan cuaca, Anda bisa mempertimbangkan untuk memberikan coating atau pelapis tambahan yang bersifat weatherproof. Anda dapat menemukan coating yang sesuai dengan material furnitur Anda di e-commerce langganan.

Usahakan diletakkan di tempat teduh

Selain memberikan pelapis atau coating, Anda dapat meminimalisir risiko paparan cuaca pada furnitur outdoor dengan cara menempatkan furnitur tersebut di tempat yang teduh.

Selain itu, Anda juga bisa menutupi furnitur outdoor dengan penutup yang tahan air jika tidak menggunakan furnitur tersebut dalam jangka waktu yang lama. Hal ini akan membantu memeperpanjang umur furnitur outdoor.

Itulah beberapa tips untuk merawat furnitur outdoor. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News