HOME, Keluarga

Tips Menggunakan Warna Monokrom di Rumah, Unik dan Keren!

Tips Menggunakan Warna Monokrom di Rumah, Unik dan Keren!

MOMSMONEY.ID - Monokrom adalah salah satu kombinasi warna yang populer digunakan dalam dekorasi rumah.

Dikutip dari Oxford Learner’s Dictionary, istilah monokrom dalam dunia fotografi merujuk pada penggunaan warna hitam, abu-abu, dan putih pada suatu foto.

Namun, pada dasarnya istilah monokrom merujuk pada penggunaan nuansa yang berbeda-beda pada satu warna. Misalnya, Anda menggunakan warna biru muda, biru tua, biru laut, hingga biru kehijauan di satu ruangan.

Walaupun terlihat simpel, sebenarnya penggunaan kombinasi warna monokrom rawan terlihat datar dan membosankan. Jadi, kombinasi warna ini harus digunakan dengan cermat.

Baca Juga: Mengenal 5 Elemen yang Ada Dalam Feng Shui, Apa Saja?

Bagaimana caranya? Yuk, simak tipsnya berikut ini!

Mulai dari ruangan yang kecil

Jika Anda kurang yakin dengan palet warna monokrom yang akan digunakan, Decor Aid menyarankan Anda untuk mulai menggunakan warna tersebut di ruangan yang kecil, misalnya kamar mandi.

Mengapa kamar mandi? Sebab, palet warna monokrom biasanya tidak terlalu mencolok dan cenderung rileks, sehingga cocok digunakan di kamar mandi. Jika dirasa cocok, barulah mulai memberi warna monokrom pada ruangan lainnya.

Tentukan suasana dan kesan yang ingin dihadirkan

Untuk menentukan warna-warna yang akan digunakan dalam palet warna monokrom, Anda perlu menentukan suasana dan kesan yang ingin dihadirkan dari ruangan tersebut.

Misalnya, jika Anda ingin suasana dan kesan yang menenangkan, coba gunakan warna biru, ungu, abu-abu, dan warna dingin lainnya. Jika Anda ingin suasana ruangan yang hangat, pilih warna-warna hangat seperti pink, oranye, dan coklat.

Baca Juga: Ini Cara Menata Dapur ala Feng Shui, Rezeki Dijamin Mengalir Lancar!

Bermain dengan warna dan tekstur

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, penggunaan warna-warna monokrom rentan memberikan kesan datar dan membosankan pada suatu ruangan.

Oleh karena itu, jangan takut untuk bermain dengan variasi warna dan tekstur. Dilansir dari Elle Decor, permainan warna dan tekstur akan memberikan karakter pada suatu ruangan, sehingga terlihat menarik saat dipandang.

Baca Juga: Misterius dan Eksotis, Ini Tips Dekorasi Rumah untuk Zodiak Scorpio

Tambahkan warna kontras

Jika Anda ingin menambahkan sesuatu yang berbeda pada ruangan berwarna monokrom, coba tambahkan satu warna kontras sebagai aksen. Misalnya, gunakan sofa berwarna oranye pada ruangan yang didominasi warna biru atau ungu.

Mengutip Architectural Digest, langkah ini dapat memberikan elemen kejutan pada suatu ruangan, sehingga menambah daya tarik visual dan menghidupkan suasana di ruangan tersebut.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan saat menggunakan kombinasi warna monokrom di rumah. Semoga tips tersebut bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News