HOME, Keluarga

Ini Cara Menata Dapur ala Feng Shui, Rezeki Dijamin Mengalir Lancar!

Ini Cara Menata Dapur ala Feng Shui, Rezeki Dijamin Mengalir Lancar!

MOMSMONEY.ID - Ketika akan menata suatu ruangan di rumah, banyak orang yang beralih pada panduan feng shui.

Melansir National Geographic, feng shui adalah ilmu atau seni kuno dari China yang berfokus pada penataan bangunan, obyek, dan ruangan di suatu tempat untuk mencapai harmoni dan keseimbangan.

Jadi, feng shui biasa digunakan dalam interior rumah dengan harapan keseimbangan akan hadir, sehingga rezeki mengalir di dalam rumah. Feng shui bisa diaplikasikan pada ruangan mana saja di rumah, termasuk dapur.

Baca Juga: Tips Menggunakan Warna Pink pada Dekorasi Rumah, Cocok untuk Rayakan Valentine!

Nah, kira-kira bagaimana caranya menata dapur agar sesuai dengan prinsip feng shui? Berikut penjelasannya.

Optimalkan pencahayaan di dapur

Dikutip dari My Domaine, pencahayaan yang optimal merupakan kunci untuk menghadirkan energi baik di suatu ruangan. Tak hanya itu, pencahayaan yang baik juga berperan dalam memberi kesan interior dapur yang luas dan lapang.

Untuk mengoptimalkan pencahayaan di dapur, Anda bisa menggunakan beberapa sumber pencahayaan sekaligus, seperti cahaya matahari dan lampu. Sebagai tambahan, gunakan juga benda-benda reflektif seperti cermin untuk membantu menyebarkan cahaya ke seluruh ruangan.

Perhatikan kondisi kompor

Dalam feng shui, kompor melambangkan kekayaan, rezeki, dan karir yang baik. Jadi, kondisi kompor di dapur Anda dapat mempengaruhi kelancaran rezeki dan karir di kehidupan Anda.

Untuk memaksimalkan rezeki dan karir, pastikan Anda menggunakan kompor dengan maksimal pula. Gunakan semua tungkunya secara bergantian, lalu bersihkan permukaan kompor dengan rutin sebagai bentuk penghargaan pada rezeki yang datang ke rumah.

Baca Juga: Ide Desain Dapur Minimalis Warna Ungu, Mana yang Anda Suka?

Jaga kebersihan dan kerapian dapur

Aliran chi di dalam dapur perlu diperhatikan supaya energi baik dan rezeki dapat mengalir dengan lancar. Mengutip Decoist, salah satu cara paling mudah untuk melancarkan aliran chi di dapur adalah dengan menjaga kebersihan dan kerapiannya.

Pertama, singkirkan barang-barang yang sudah tidak terpakai di dapur, mulai dari bahan makanan hingga alat memasak. Lalu, bersihkan setiap senti permukaan dapur supaya bersih dan mengilap. Dapur yang rapi dan bersih tak hanya membuat aliran chi mengalir lancar, tapi juga membuat kinerja di dapur menjadi lebih efisien.

Baca Juga: 4 Tren Dekorasi Ruang Makan 2022, dari Gaya Japandi Hingga Penggunaan Marmer

Gunakan warna-warna cerah

Dilansir dari The Spruce, warna putih merupakan pilihan warna yang paling baik untuk dapur karena melambangkan kebersihan dan kemurnian. Selain itu, warna putih akan membantu menonjolkan berbagai warna makanan yang ada di dapur.

Selain warna putih, warna-warna terang dan cerah lainnya juga disarankan, sepert kuning, biru muda, warna-warna earth tone, bahkan abu-abu. Penggunaan warna cerah akan membantu membuat dapur terasa lapang, terutama jika dapur Anda tergolong kecil dan sempit.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menata dapur supaya sesuai dengan prinsip feng shui. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News