Keluarga

Tips Mengatasi Kamar Tidur yang Pengap, Tidur Jadi Lebih Nyaman

Tips Mengatasi Kamar Tidur yang Pengap, Tidur Jadi Lebih Nyaman

MOMSMONEY.ID - Kamar tidur yang terasa pengap dan sumpek memang dapat mengurangi kenyamanan penghuninya.

Selain itu, udara yang pengap juga kurang baik untuk tubuh karena dapat menyebabkan beragam gangguan atau kesehatan, seperti asma dan alergi.

Jadi, kamar tidur yang pengap bukan masalah yang bisa dibiarkan begitu saja. Untungnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Dirangkum dari Home Guides dan The House Shop, berikut tips untuk mengatasi rasa pengap di dalam kamar tidur.

Baca Juga: Rekomendasi Warna Keramik Lantai yang Bikin Kamar Tidur Terasa Luas

Lancarkan sirkulasi udara

Kamar tidur yang pengap biasanya terjadi karena sirkulasi udara di dalam kamar yang kurang baik, sehingga membuat udara “terjebak” dan menimbulkan rasa pengap.

 Jadi, untuk mengatasi rasa pengap tersebut, salah satu hal termudah yang bisa dilakukan adalah dengan melancarkan sirkulasi udara di dalam kamar. Buka jendela dan pintu kamar lebar-lebar supaya udara bisa mengalir dengan baik.

Nyalakan AC atau kipas angin

Tak hanya membantu mendinginkan dan menyejukkan kamar, AC juga bisa digunakan untuk membantu sirkulasi udara di kamar supaya tidak pengap. AC akan membantu menarik udara di dalam kamar, lalu menyaring dan mengeluarkannya kembali menjadi udara dingin.

Jika Anda tidak punya AC, coba gunakan kipas angin yang dapat membantu memutar udara di dalam kamar tidur. Tempatkan kipas angin di dekat pintu atau jendela supaya udaranya cepat keluar.

Baca Juga: 4 Warna Mencolok Untuk Interior Rumah yang Tak Bikin Sakit Mata

Gunakan dehumidifier

Umumnya, udara yang terasa pengap disebabkan oleh tingkat kelembapan udara yang tinggi. Jadi, untuk mengatasi masalah udara pengap di kamar tidur, Anda bisa menggunakan alat bernama dehumidifier.

Sesuai dengan namanya, alat ini berfungsi untuk menarik kelembapan yang ada di suatu ruangan, mengubah kelembapan tersebut menjadi air, lalu mengeluarkan kembali udara yang sudah kering ke ruangan tersebut.

Gunakan penyerap bau tidak sedap

Udara yang pengap biasanya disertai dengan bau apek yang tidak sedap. Jadi, dengan mengurangi bau apek di dalam kamar, rasa pengap pun akan berkurang.

Ada berbagai cara untuk membantu menghilangkan bau tidak sedap, misalnya dengan menggunakan bahan tertentu yang bersifat menyerap bau. Berikut beberapa contoh bahan yang dikenal bisa membantu menetralisir dan menyerap bau:

  • Cuka: semprotkan cuka ke udara, lalu diamkan. Cuka akan membantu menetralisir bau apek, sementara bau cuka akan hilang setelah menguap dengan sempurna.
  • Kopi: tempatkan ampas kopi di wadah terbuka, lalu diamkan. Kopi akan menyerap bau tidak sedap, sehingga udara akan terasa lebih segar.
  • Karbon aktif: tempatkan karbon aktif (activated charcoal) di wadah plastik terbuka, lalu diamkan supaya dapat menyerap bau.

Itulah beberapa tips untuk mengatasi kamar tidur yang pengap. Supaya kamar tidur tidak kembali pengap, jangan lupa untuk melancarkan sirkulasi udara di kamar dan membersihkan kamar secara rutin.

Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News