HOME, Keluarga

Tips Mempersiapkan Kebutuhan Backpacking bersama Anak

Tips Mempersiapkan Kebutuhan Backpacking bersama Anak

MOMSMONEY.ID - Backpacking adalah kegiatan perjalanan mandiri berbiaya rendah dengan menggunakan backpack atau ransel untuk membawa barang-barang yang diperlukan.

Tak hanya bisa dilakukan secara solo, orang-orang yang sudah berkeluarga pun bisa mengajak anggota keluarga mereka untuk melakukan kegiatan ini bersama-sama.

Bagi moms yang berniat untuk melakukan backpacking bersama anak-anak untuk pertama kalinya, yuk simak tips-tips berikut ini terlebih dahulu sebelum berpetualang bersama si kecil.

Baca Juga: Ingin Mengenalkan Alam Bebas kepada Anak? Ini Ide Kegiatannya

1. Pilih akomodasi yang tepat

Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum melakukan backpacking bersama anak-anak adalah memilih akomodasi atau penginapan yang tepat. Pilihlah akomodasi yang nyaman, terjamin keamanannya, serta memiliki fasilitas yang cukup lengkap.

Ada beragam pilihan akomodasi yang bisa Moms pilih antara lain wisma, hostel, maupun hotel. Sebaiknya, pilih akomodasi yang memiliki ruang terbuka supaya anak-anak tetap dapat bermain dengan bebas. Moms bisa mengajak anak untuk mendiskusikan akomodasi mana yang kira-kira menarik bagi mereka.

Supaya praktis, moms bisa menentukan akomodasi yang ingin disinggahi dengan memanfaatkan aplikasi traveling seperti Traveloka dan PegiPegi.

2. Perhatikan ransel yang anak bawa

Sebelum pergi backpacking, pastikan Moms menyiapkan ransel yang pas untuk si kecil. Jangan berikan beban yang dirasa akan memberatkan bahu mereka. Moms bisa mengisi ransel anak cukup dengan baju-baju dan mainan mereka.

Supaya tidak salah, inilah ukuran ransel yang disarankan untuk anak-anak sesuai tingkatan umur yang dilansir dari Mom Goes Camping:

  • 2-4 tahun: di bawah 10L
  • 4-7 tahun: 10-20L
  • 7-10 tahun: 18-30L
  • 10-17 tahun: 30+L

Baca Juga: Berniat Camping dengan Anak untuk Pertama Kali? Simak Tipsnya Terlebih Dahulu

3. Jangan bawa terlalu banyak baju dan mainan

Bawalah baju dan mainan secukupnya. Hal ini dilakukan supaya kegiatan bacpacking anak dapat berjalan secara efisien dan tidak dirumitkan dengan barang bawaan yang sebenarnya tidak perlukan.

Baju anak-anak yang tidak boleh Moms lewatkan untuk disiapkan adalah baju lengan panjang dan celana panjang dengan bahan yang tebal namun tetap nyaman untuk melindungi kulit anak dari sengatan sinar matahari serta gigitan serangga. Moms juga bisa memakaikan mereka topi bertepi lebar yang cocok untuk cuaca panas maupun dingin.

Untuk mainan, bawalah mainan yang paling disukai anak dan batasi jumlahnya. Jangan biarkan anak terlalu lama memilih mainan yang hendak mereka bawa. Dengan membawa sedikit mainan, diharapkan anak-anak akan lebih banyak menikmati perjalanan backpacking mereka daripada terpaku dengan mainan.

 4. Siapkan obat-obatan

Jangan sampai lupa untuk menyiapkan obat-obatan dan keperluan medis lain yang dibutuhkan sewaktu-waktu.

Moms bisa membawa paracetamol, obat anti mabuk perjalanan, obat masuk angin, minyak aromaterapi, obat merah, dan lain sebagainya yang disimpan di wadah khusus supaya tidak bingung mencarinya ketika akan digunakan. Pastikan untuk mengecek semua kebutuhan obat-obatan yang hendak dibawa backpacking dengan teliti agar tidak ada yang tertinggal.

5. Bangkitkan semangat anak sebelum pergi

Mungkin saja anak tidak terlalu tertarik untuk melakukan backpacking bersama Moms dan lebih menginginkan untuk menghabiskan waktu di taman hiburan. Namun, Moms bisa membangkitkan rasa antusias mereka dengan cara bercerita tentang betapa menakjubkannya tempat yang akan dikunjungi.

Moms bisa bercerita kepada anak-anak dengan nada yang ceria sembari menunjukkan potret keindahan dari tempat tujuan backpacking. Bangun rasa penasaran mereka supaya mereka bersemangat dan tidak sabar untuk segera menjelajah.

Moms, itulah beberapa tips yang bisa Moms praktikkan sebelum berpetualang bersama si kecil. Ketika perjalanan sudah dimulai, jangan lupa untuk memberikan makanan dan minuman yang cukup kepada anak-anak supaya mereka tidak mengalami dehidrasi atau berujung sakit ya Moms.

Selamat menjelajah!

Selanjutnya: Supaya Anak Tidak Manja, Terapkan Hal Ini

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News