HOME, Keluarga

Ingin Mengenalkan Alam Bebas kepada Anak? Ini Ide Kegiatannya

Ingin Mengenalkan Alam Bebas kepada Anak? Ini Ide Kegiatannya

MOMSMONEY.ID - Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh para orang tua untuk mengenalkan alam kepada anak-anak adalah dengan mengajak mereka untuk berkegiatan outdoor.

Tak sembarang kegiatan, Moms bisa mengajak anak-anak pergi ke tempat bernuansa alam dan melakukan beragam aktivitas tanpa gadget. Hal ini dilakukan untuk memupuk rasa cinta dan kepedulian anak terhadap alam sekaligus mencegah anak dari kecanduan barang-barang elektronik.

Lalu, apa saja kegiatan outdoor yang bisa Moms lakukan bersama anak-anak untuk membiasakan mereka berbaur dengan alam? Melansir Big Family Little Adventures, berikut beberapa di antaranya:

1. Jalan-jalan di tengah alam

Meski sekadar berjalan di tengah alam, namun banyak pembelajaran yang bisa anak-anak dapatkan. Sembari berjalan-jalan, Moms bisa mengajarkan anak tentang ekosistem yang ada di sepanjang jalan yang sedang ditapaki.

Tunjuklah tumbuh-tumbuhan atau binatang yang ada di sekitar anak dan beri tahu mereka nama beserta peran dari tumbuhan dan binatang tersebut terhadap kehidupan.

Baca Juga: Berniat Camping dengan Anak untuk Pertama Kali? Simak Tipsnya Terlebih Dahulu

Kegiatan berjalan di alam bersama anak bisa moms lakukan di tempat dengan medan yang ramah. Moms bisa mengajak anak ke daerah pegunungan atau area kebun teh yang sudah dilengkapi dengan jalur setapak yang aman.

2. Berkunjung ke peternakan

Saat ini, banyak tempat wisata yang memiliki fasilitas peternakan di dalamnya seperti Istana Susu Cibugary di Jakarta Timur, Farm House Susu Lembang di Bandung, dan Cimory On The Valley di Semarang.

Moms bisa mengajak anak-anak ke tempat wisata semacam itu supaya anak bisa melihat dan berinteraksi secara langsung dengan binatang. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan rasa sayang anak terhadap binatang dan melatih anak supaya tidak takut kepada mereka.

Ajarkan anak-anak untuk berani memberikan makan kepada binatang dan jelaskan kepada anak tentang betapa besarnya peran alam dalam memenuhi kebutuhan makan seluruh makhluk hidup.

3. Berkuda

Berkuda menjadi pilihan yang bisa Moms pertimbangkan untuk memberikan pengalaman baru kepada anak-anak. Kegiatan ini merupakan sebuah cara yang berbeda sekaligus menarik bagi anak-anak untuk menjelajahi alam bebas.

Fasilitas berkuda bisa Moms temui dengan mudah di berbagai tempat wisata keluarga. Pastikan kuda yang hendak dinaiki oleh anak ada pemandunya dan terjamin keamanannya. Namun, jangan paksakan jika anak takut atau tidak mau, ya moms.

4. Bersepeda

Selain sehat, bersepeda bersama anak-anak di tengah alam juga menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan. Ajaklah anak untuk mengendarai sepeda mereka ke tempat yang dikelilingi pemandangan hijau menyegarkan.

Tak perlu jauh-jauh, Moms bisa mengajak anak bersepeda di lingkungan sekitar rumah. Dengan begini, anak akan menikmati alam bebas dan tidak terpaku dengan gadget. Moms juga dapat membawa bekal piknik untuk disantap bersama si kecil ketika sedang beristirahat.

Jika Moms terbiasa bersepeda, maka kemungkinan besar anak pun akan menirunya dan menjadikan bersepeda sebagai kebiasaan yang baik untuk dilakukan.

Sekian ide kegiatan outdoor yang bisa moms lakukan bersama anak untuk mendorong kecintaan mereka terhadap alam. Meskipun masih pandemi, tapi sempatkanlah untuk tetap berkegiatan outdoor bersama anak dengan mematuhi protokol kesehatan tentunya.

Selain baik untuk tumbuh kembang anak, kegiatan outdoor juga bisa menghindari anak dari stres akibat pandemi.

Selanjutnya: Cegah Mabuk Perjalanan pada Anak dengan Cara Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News