HOME, Keluarga

Berniat Camping dengan Anak untuk Pertama Kali? Simak Tipsnya Terlebih Dahulu

Berniat Camping dengan Anak untuk Pertama Kali? Simak Tipsnya Terlebih Dahulu

MOMSMONEY.ID - Quality time dengan keluarga merupakan sebuah agenda yang sebaiknya dibiasakan untuk mempererat ikatan antar sesama anggota keluarga. Selain berguna untuk itu, menghabiskan waktu bersama keluarga juga bisa dijadikan sebagai momen untuk refreshing.

Salah satu pilihan kegiatan yang bisa dilakukan bersama keluarga adalah camping atau berkemah. Walaupun Moms memiliki anak yang masih kecil, bukan berarti camping tidak bisa dilakukan bersama mereka lho.

Moms tetap bisa mengajak anak-anak untuk mengenali alam melalui kegiatan camping dengan mengikuti tips yang akan MomsMoney bagikan dari Very Well Family sebagai berikut. Yuk, Moms disimak!

Baca Juga: Supaya Anak Tidak Kegemukan, Terapkan Cara Berikut Ini

1. Pilih camping ground yang cocok

Hal pertama yang harus diperhatikan ketika hendak mengajak anak untuk berkemah di alam terbuka adalah memilih camping ground atau area perkemahan yang tepat.

Jika agenda camping yang akan Moms lakukan bersama si kecil merupakan kali pertama, maka Moms bisa memilih camping ground yang letaknya tidak terlalu jauh dari rumah serta medannya tidak tergolong ekstrem. Ada baiknya, Moms mencari camping ground yang memiliki banyak fasilitas yang akan memudahkan kegiatan camping Moms bersama anak-anak seperti toilet, tempat rental alat camping, tempat ibadah, dan warung makanan.

Beberapa rekomendasi camping ground yang terbilang family friendly, fasilitasnya oke, serta tidak terlalu jauh dari Ibu Kota adalah Melrimba Garden (Bogor, Jawa Barat), Ranca Upas (Bandung, Jawa Barat), dan Capolaga Camping Ground (Subang, Jawa Barat).  

2. Cek review camping ground

Setelah mencari referensi dan menemukan camping ground yang dirasa sesuai, jangan lupa untuk memastikan bahwa camping ground yang akan Moms kunjungi memang tepat dan telah mengantongi banyak ulasan positif.

Tidak sulit, Moms cukup mencari review camping ground pilihan Moms melalui google dengan mengunjungi situs web resminya jika ada, atau bisa juga dengan membaca berbagai artikel wisata yang berhubungan dengan camping ground tersebut.

Dengan mengecek review terlebih dahulu, diharapkan Moms dapat benar-benar yakin untuk memilih camping ground yang diinginkan.

Baca Juga: Cara rumahan untuk bantu meredakan batuk pada anak

3. Bawa perlengkapan yang tepat

Setelah camping ground beres, hal penting yang tidak boleh luput dari perhatian selanjutnya adalah perlengkapan camping. Pastikan Moms menyiapkan perlengkapan camping yang aman dan memiliki desain sesuai standar.

Nah, perlengkapan camping yang bisa Moms bawa ketika mengajak anak-anak khususnya yang masih bayi antara lain:

  • Portable Camping High Chair, untuk memudahkan bayi duduk dengan nyaman di area perkemahan
  • Baby Carrier, untuk menggendong bayi ketika hiking
  • Tisu Basah Bayi
  • Karpet atau Tikar Pantai, untuk memudahkan bayi merangkak / bergerak dengan bebas
  • Portable Playpen, untuk tempat anak tidur sekaligus bermain
  • Baby Noise Machine, untuk membantu menenangkan dan menidurkan bayi yang rewel
  • Cooler, untuk menyimpan ASI atau susu formula agar awet dan tetap segar
  • Benda atau Kain Penghangat Ekstra, untuk melindungi anak dari suhu udara yang rendah selama di camping ground

Baca Juga: Cara Mudah Agar Anak Tidak Rewel Saat Kemping Keluarga

4. Waspada terhadap gangguan serangga

Camping ground merupakan tempat terbuka yang pastinya banyak dijumpai serangga di sekelilingnya. Oleh sebab itu, menjadi suatu hal yang penting bagi Moms untuk memberikan proteksi kepada anak-anak dari gangguan atau gigitan serangga yang bisa datang kapan saja.

Moms bisa membawa produk anti-serangga yang tentunya aman untuk digunakan pada anak-anak. Selain itu, Moms juga bisa membawa jaring serangga atau kelambu untuk digunakan di dalam tenda dan/atau playpen bayi.

Moms, itulah beberapa tips yang bisa diterapkan ketika Moms camping bersama anak yang masih bayi atau usia pra-sekolah. Jangan lupa untuk memerhatikan keselamatan bersama dan tidak membuang sampah sembarangan ya Moms. Supaya tidak mengotori alam, Moms bisa membawa kantung khusus untuk membawa pulang semua sampah selama berkemah.

Semoga membantu ya, Moms!

Selanjutnya: Nama Anak Perempuan dari Bahasa Sansekerta dan Artinya yang Sarat Makna

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News