HOME, Keluarga

Cara rumahan untuk bantu meredakan batuk pada anak

Cara rumahan untuk bantu meredakan batuk pada anak

MOMSMONEY.ID - Batuk sering terjadi pada siapa saja tidak terkecuali anak-anak. Dikutip dari Wikipedia, batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan serta gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, asap, dan sebagainya.

Tak melulu obat, batuk pada anak-anak juga bisa diatasi dengan pengobatan rumahan.

Melansir Parents.com, inilah beberapa cara sederhana yang bisa Moms lakukan di rumah untuk bantu redakan batuk si kecil dengan segera.

Baca Juga: Faktor Penyebab Mimisan yang Kerap Terjadi Secara Tiba-Tiba

1. Berikan madu

Penelitian menunjukkan bahwa madu dapat meredakan batuk dengan lebih baik daripada obat-obatan. Selain itu, madu juga bisa membantu balita yang sedang sakit untuk tidur dengan lebih nyenyak.

Menurut seorang peneliti bernama Ian Paul, M.D., madu aman untuk dikonsumsi oleh anak usia 1 tahun ke atas. Moms dapat memberikan 1/2 sendok teh madu untuk anak berusia 1-5 tahun dan 1 sendok teh madu untuk anak-anak dengan usia 6-11 tahun. Selalu ingat untuk tidak memberikan madu pada bayi di bawah 1 tahun ya Moms.

Pilihan madu yang bisa diberikan kepada anak-anak adalah madu hitam, karena madu jenis ini mengandung antioksidan yang lebih tinggi.

2. Gunakan Humidifier

Humidifier dengan kabut dingin dapat Moms pasang di kamar anak untuk membantu melonggarkan dada dan hidung mereka yang tersumbat.

Ketika memutuskan untuk menggunakan humidifier, pastikan untuk rutin mengganti airnya dan bersihkan seluruh bagiannya setiap hari sesuai instruksi pabrik. Hal ini dilakukan untuk mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur pada humidifier.

Baca Juga: Ketika Anak Demam, Apa yang Harus Orang Tua Lakukan?

3. Suapkan makanan hangat

Makanan hangat seperti sup ayam bisa Moms buat untuk membantu meredakan batuk si kecil.

Selain berperan sebagai anti-inflamasi, suhu pada makanan berkuah hangat juga bisa menjadi alat penguap yang membantu melonggarkan lendir di saluran hidung.

4. Berkumur menggunakan air garam

Berkumur air garam memang sudah populer bagi banyak orang mengingat kegunaannya yang baik untuk kesehatan mulut.

Selain untuk mulut, air garam juga diklaim mampu meredakan iritasi tenggorokan penyebab batuk. Cukup campurkan 1/2 sendok teh garam dengan segelas air dan mintalah anak untuk berkumur dengan larutan tersebut.

Satu hal yang harus diperhatikan, berikanlah larutan garam ini kepada anak-anak yang sudah mengerti cara berkumur ya Moms. Jika anak dirasa belum bisa melakukannya, jangan paksakan mereka supaya kejadian air garam tertelan oleh anak dapat dihindari.

5. Tidur dengan bantal tambahan

Bantal tambahan pada aktivitas tidur si kecil berguna untuk membuka saluran udara pada tubuh mereka. Dengan begitu, lendir yang menyumbat hidung pun bisa mengalir keluar.

Moms bisa meletakkan bantal tambahan ini di bawah kasur si kecil agar posisi bantal tetap terjaga dan terbebas dari jangkauan tangan anak-anak. Meskipun begitu, sebaiknya cara ini tidak dilakukan pada anak di bawah 4 bulan sebelum dikonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.

5. Gosokkan balsam

Apabila anak sudah menginjak usia di atas 2 tahun, Moms dapat menggosokkan balsam ke dada mereka. Menggosok dada si kecil menggunakan balsam dapat membantu menghilangkan sumbatan pada saluran pernapasan mereka.

Moms bisa memilih balsam khusus anak-anak dengan kandungan lidah buaya, kayu putih, lavender, atau rosemary. Contoh balsam anak yang banyak dijual di pasaran adalah Vicks BabyRub.

Tak hanya bisa melegakan si kecil, balsam juga mampu membuat anak-anak tertidur dengan lebih nyaman pada malam hari.

Nah, Moms. Demikian beberapa pengobatan rumahan yang bisa dipraktikkan untuk mengatasi batuk pada si kecil.

Selain mudah, cara-cara di atas tentunya lebih aman dari obat-obatan kimia yang memiliki efek samping. Walaupun begitu, jangan ragu untuk menghubungi dokter apabila batuk pada anak tidak kunjung membaik ya Moms!

Selanjutnya: Cegah Anak Obesitas, Simak Kiat Berikut Ini!

 

 

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News