Cara Mudah Agar Anak Tidak Rewel Saat Kemping Keluarga

Reporter: Hendrika Yunapritta
Rabu, 23 Juni 2021 | 15:00 WIB
Cara Mudah Agar Anak Tidak Rewel Saat Kemping Keluarga

MOMSMONEY.ID -  Moms, banyak yang khawatir mengajak anak mereka untuk kemping ceria di camping ground. Alasannya, khawatir anak-anak tidak suka, rewel, atau malah jatuh sakit. Padahal, camping keluarga jadi salah satu pilihan liburan selama pandemi covid-19 masih berlangsung.

Pasalnya, kemping merupakan aktivitas outdoor yang ventilasi udaranya bagus. Hal itu, mengurangi viral load covid. Selain itu, banyak pilihan camping ground yang bisa dijangkau dengan kendaraan pribadi. 

Kemping dapat diikuti seluruh anggota keluarga, satu rumah, dan meminimalkan kontak dengan orang lain. Tapi, tak sedikit anak yang rewel dan justru tidak menikmati alam bebas selama camping ceria. Alhasil, seluruh anggota keluarga yang ikut pun jadi kurang enjoy.

"Pernah waktu camping, sebelah tenda kami, anaknya nangis terus. Mereka datang sudah malam, mendirikan tenda gelap-gelapan, tapi anaknya rewel. Akhirnya, subuh-subuh mereka beresin tenda dan pulang," tutur Yuliani Maimuntarsih, yang gemar kemping mengajak anak balitanya. 

Baca Juga: Camping Ceria Keluarga, Pengisi Liburan Sekolah Saat Pandemi Corona

Nah, berikut beberapa langkah, agar anak Anda bisa menikmati suasana kemping ceria.

  1. Carilah camping ground yang nyaman dan menyenangkan untuk anak-anak. Di lokasi yang ada sungai, curug, atau semacamnya, tentu jadi ajang keseruan sendiri untuk anak Anda, Moms.
  2. Datanglah pagi-pagi di camping ground tujuan. Maksudnya, agar anak bisa mengamati serta melihat kondisi sekitar tenda. Mereka jadi lebih mudah beradaptasi. 
  3.  Carilah lokasi yang bisa mendirikan tenda di samping mobil. Jadi, Anda tidak lelah angkut-angkut barang ke tenda. 
  4. Pastikan anak berangkat kemping keluarga, dalam kondisi sehat.
  5. Bawalah perlengkapan komplit buat anak. Ini terhitung dari perlengkapan mandi, peralatan makan, dan mainan.
  6. Bawa baju dan makanan yang cukup buat anak Anda. Kalau perlu, sediakan baju dan makanan cadangan.
  7. Jangan lupa, bawa perlengkapan P3K buat si kecil serta obat-obatan yang diperlukan.
  8.  Siapkan tenda yang nyaman bagi anak-anak. Untuk perlengkapan tidur, jangan ketinggalan bantal, guling, boneka kesayangan si kecil. Anda bisa membeli kasur tiup atau gunakan sleeping bag yang empuk untuk tidur si kecil. 

Terakhir, selalu ceritakan asyiknya camping ceria pada si kecil, jauh sebelum berangkat kemping. Saat akan tidur malam, misalnya, ceritakan tentang enaknya tidur dan piknin di alam bebas.

Saat camping ceria, Moms juga harus menikmati suasana. Jangan terlalu khawatirkan dulu pakaian yang kotor dan tenda kena lumpur. 

Selamat camping ceria, Moms!

Selanjutnya: Goa Garunggang, Warisan Geologi yang Tersembunyi

 

Editor: Hendrika
Terbaru