HOME, Keluarga

Tips Memilih dan Menata Tempat Tidur Bayi yang Aman dan Nyaman, Simak di Sini

Tips Memilih dan Menata Tempat Tidur Bayi yang Aman dan Nyaman, Simak di Sini

MOMSMONEY.ID - Menyiapkan perlengkapan dan kebutuhan calon buah hati tentu menjadi perkara yang memusingkan bagi sebagian besar orang tua, terutama ketika menyiapkan kebutuhan dasar seperti tempat tidur.

Tidak seperti orang dewasa, bayi memiliki kebutuhan yang berbeda dan tergolong sensitif sehingga orang tua harus cermat saat memilih dan menata tempat tidur untuk sang buah hati. Ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi sehingga bayi tetap sehat dan dapat beristirahat dengan nyaman.

Nah, untuk mengetahui apa saja yang perlu dipertimbangkan saat memilih dan menata tempat tidur bayi, yuk simak artikel ini. Dirangkum dari Healthy Children, berikut tips memilih tempat tidur bayi yang aman dan nyaman.

Baca Juga: Inspirasi Wastafel Cuci Piring Minimalis yang Bikin Dapur Makin Cantik

Perhatikan pinggiran tempat tidur

Tempat tidur bayi umumnya berbentuk boks yang dikelilingi oleh bilah-bilah pada pinggirannya yang berperan sebagai pembatas dan pengaman bagi bayi. Pastikan bilah-bilah ini berjarak kurang lebih 5 cm untuk menghindari risiko bayi terjepit di antara bilah tersebut.

Selain itu, pastikan pinggiran tempat tidur bayi cukup tinggi supaya bayi tidak mudah memanjat dan keluar dari tempat tidur, yang dapat membahayakan keselamatan bayi sendiri. Ketinggian yang direkomendasikan adalah sekitar 26 inci atau 66 cm.

Hindari juga pinggiran tempat tidur yang dapat digeser atau ditarik, karena dapat membahayakan bayi Anda.

Pilih matras atau kasur yang tepat

Ketika memilih matras atau kasur untuk bayi, pastikan kasurnya cukup padat dan tidak terlalu empuk. Pasalnya, kasur yang terlalu empuk dapat menyebabkan bayi “tenggelam” saat tidur dan membuat bayi sulit bernapas.

Selain itu, pastikan kasurnya muat dengan pas di dalam tempat tidur atau boks tanpa ada celah, sehingga bayi tidak akan terjepit.

Baca Juga: Mengenal Aneka Bentuk Keramik, Mana yang Anda Suka?

Jangan gunakan bantalan penahan

Bantalan penahan memang terdengar aman bagi bayi, tapi sebenarnya bayi tidak memerlukannya. Bantalan penahan tersebut dapat membuat tempat tidur penuh dan membuat bayi sulit bergerak dan bernapas.

Bantalan penahan juga dapat dimanfaatkan bagi bayi yang lebih besar untuk memanjat keluar tempat tidur, jadi sebaiknya Anda tidak menggunakannya pada tempat tidur bayi.

Singkirkan barang-barang yang tidak perlu

Barang-barang seperti bantal, selimut, dan boneka mungkin terlihat nyaman untuk bayi, tapi kenyataannya barang-barang ini justru dapat membahayakan bayi saat tidur.

Pasalnya, bantal, selimut, boneka, dan benda-benda lainnya yang Anda letakkan di tempat tidur justru dapat membebani bayi dan membuat bayi sulit bergerak dan bernapas. Akibatnya, bayi bisa mengalami kematian mendadak akibat kehabisan napas.

Tempatkan di tempat yang aman

Terakhir, pastikan Anda meletakkan tempat tidur di tempat yang aman. Anda dapat meletakkan tempat tidur bayi di dalam kamar Anda, tapi pastikan Anda menempatkannya di area yang tidak berbahaya.

Misalnya, jauhkan tempat tidur dari jendela. Tempat tidur bayi yang diletakkan di dekat jendela dapat terekspos oleh sinar matahari yang silau dan panas, sehingga membuat bayi tidak nyaman. Selain itu, tali gorden atau kain gorden dapat terselip ke dalam tempat tidur dan membahayakan bayi.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan dalam memilih dan menata tempat tidur untuk bayi. Semoga artikel ini berguna bagi Anda!

Selanjutnya: Ide Ruang Keluarga Minimalis Warna Kuning, Cerah dan Hangat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News