HOME, Keluarga

Mengenal Aneka Bentuk Keramik, Mana yang Anda Suka?

Mengenal Aneka Bentuk Keramik, Mana yang Anda Suka?

MOMSMONEY.ID - Keramik merupakan salah satu bahan ubin yang sangat populer di Indonesia. Tak heran, sebab ubin keramik termasuk mudah didapatkan dan terjangkau.

Selain dua faktor tersebut, salah satu kelebihan keramik adalah bentuknya yang sangat bervariasi. Bentuk yang berbeda akan menghasilkan pola pemasangan yang berbeda. Jadi, hanya dengan keramik, Anda bisa mengubah tampilan rumah menjadi keren dan unik.

Ingin tahu apa saja bentuk-bentuk keramik tersebut? Dilansir dari Designing Idea dan Why Tiles, berikut beberapa bentuk keramik yang perlu Anda ketahui.

Baca Juga: Kenali 7 Jenis Pola Pemasangan Keramik yang Bikin Rumah Makin Keren

Persegi

Keramik persegi merupakan bentuk yang paling mendasar. Karena bentuknya yang sederhana, kemungkinan pengaplikasiannya sangat luas. Anda bisa menyusunnya menjadi pola kotak-kotak yang simpel, pola papan catur, atau putar keramiknya sehingga memberikan pola diagonal.

Persegi Panjang

Sama seperti keramik persegi, keramik persegi panjang juga termasuk bentuk yang basic. Keramik ini bisa memberikan kesan lebar dan panjang pada suatu ruangan. Anda dapat menyusun keramik ini membentuk pola bata, herringbone, atau susun secara linear.

Segitiga

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by United Tile (@unitedtile)

Walaupun terlihat simpel, keramik berbentuk segitiga dapat membentuk pola yang cantik pada suatu ruangan. Keramik segitiga bisa dibentuk menjadi pola geometris seperti kubus, belah ketupat, dan masih banyak lagi. Bahkan, Anda bisa menyusun keramik segitiga secara acak untuk mendapatkan kesan modern yang estetik pada ruangan.

Belah Ketupat

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Perini Tiles (@perinitiles)

Keramik berbentuk diamond atau belah ketupat memiliki bentuk unik yang dapat membentuk pola eyecatching. Keramik ini dapat disusun dengan berbagai cara, mulai dari linear yang simpel hingga membentuk pola kubus tiga dimensi atau arrowhead yang modern.

Baca Juga: Rumah Sejuk dengan Keramik Motif Batu Alam, Intip Inspirasinya di Sini

Lingkaran

Disebut juga sebagai penny round, keramik ini biasanya memiliki bentuk lingkaran kecil seukuran koin. Namun, keramik lingkaran juga hadir dalam ukuran besar yang bisa disesuaikan dengan area yang dipasanginya. Karena bentuknya yang simpel dan unik, keramik ini dapat memberikan tampilan ruangan yang menarik.

Heksagon

Bentuk heksagon atau segienam memang terlihat sederhana, tapi keramik ini bisa disusun menjadi pola yang sangat menarik. Umumnya, keramik berbentuk heksagon disusun membentuk pola honeycomb atau sarang lebah yang terlihat modern dan menyenangkan.

Sisik Ikan

Disebut juga sebagai mermaid tile atau fish scales, keramik berbentuk sisik ikan dapat membentuk pola layaknya sisik ikan pada suatu ruangan, sehingga keramik ini biasanya memiliki warna biru atau hijau yang dapat memberikan suasana segar seperti di laut. Keramik ini dapat digunakan sebagai keramik dinding pada dapur maupun kamar mandi.

Arabesque

Keramik arabesque memiliki bentuk melengkung yang dapat mengingatkan Anda pada desain khas bangunan Islami. Karena bentuknya yang cantik, keramik ini dapat menghadirkan kesan artistik dan membuat ruangan Anda tampil beda.

Itulah beberapa jenis bentuk keramik yang perlu Anda ketahui. Mana bentuk keramik favorit Anda? Adakah bentuk keramik yang ingin Anda aplikasikan di rumah?

Selanjutnya: Inspirasi Penggunaan Wallpaper Bertekstur, Interior Rumah Tampil Beda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News