HOME, Bugar

Tips Mandi yang Aman dan Benar Setelah Berolahraga

Tips Mandi yang Aman dan Benar Setelah Berolahraga

MOMSMONEY.ID - Mandi merupakan kegiatan yang wajib dilakukan setelah berolah raga. Keringat dan bakteri yang menempel pada kulit harus segera dibersihkan agar terhindar dari masalah kulit maupun bau badan. 

Namun, setelah berolahraga, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mandi. Nah, berikut ini tips aman mandi setelah berolahraga. 

Baca Juga: Tips Mudah Menghilangkan Bau Badan, Yuk Coba!

Tidak ada waktu spesifik

Mandi setelah berolahraga bisa Anda lakukan ketika keringat di tubuh sudah mulai berkurang. Anda bisa memilih untuk menggunakan air hangat untuk mandi.

Yang perlu menjadi perhatian adalah seberapa intesitas Anda saat berolahraga. Jika intensitas berolahraga Anda tinggi, maka Anda bisa membutuhkan waktu lebih lama untuk mentralkan temperature tubuh.

Gunakan air dingin terlebih dulu

Ada beberapa orang yang lebih nyaman mandi dengan menggunakan air dingin dibanding air hangat. Melansir dari laman Medium, madi dengan air dingin setelah berolahraga bisa membantu tubuh untuk mendinginkan kondisi tubuh setelah olahraga intensif yang dilakukan.

Baca Juga: 6 Rutinitas Skincare Sebelum dan Sesudah Workout, Apa Saja?

Selain itu, air dingin juga bisa membantu untuk meredakan inflamasi pada otot tubuh. Inflamasi bisa saja terjadi pada otot yang dilatih saat berolahraga.

Gunakan air hangat setelahnya

Setelah merasa temperature tubuh mendingin, Anda bisa menggunakan air hangat untuk mandi. Air hangat pada proses ini berfungsi untuk membantu memperbaiki kondisi persendian dan dan otot setelah berolahraga. 

Jika Anda merasa takut untuk berkeringat kembali setelah mandi, maka Anda bisa menggunakan air dingin kembali sebelum menyelesaikan mandi Anda.

Selanjutnya: 5 Tips Makeup untuk Tampil Fresh Ketika Meeting Online, Dijamin Simple!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News