HOME, Keluarga

Tips Feng Shui untuk Kamar Anak, Bikin Tidur Makin Nyenyak!

Tips Feng Shui untuk Kamar Anak, Bikin Tidur Makin Nyenyak!

MOMSMONEY.ID - Tak hanya untuk kamar tidur orang dewasa, feng shui juga bisa diterapkan di kamar anak untuk membantu memaksimalkan momen beristirahat di kamar tidur.

Pada dasarnya, prinsip feng shui untuk kamar anak sama saja dengan feng shui untuk kamar orang dewasa. Namun, ada beberapa hal-hal khusus yang dapat diterapkan supaya kamar tidur terasa lebih nyaman ditempati oleh anak-anak.

Ingin tahu bagaimana cara menata kamar tidur anak berdasarkan prinsip feng shui? Simak penjelasan berikut ini, ya!

Baca Juga: Lucu dan Stylish, Kenali Tren Dekorasi Kamar Anak Tahun 2022

Perhatikan lokasi tempat tidur

Sama seperti feng shui untuk ruangan lainnya, Anda perlu memperhatikan lokasi tempat tidur di kamar anak. Melansir laman The Chinese Zodiac, berikut beberapa saran feng shui untuk meletakkan tempat tidur di kamar anak:

  • Hindari menempatkan tempat tidur terlalu dekat dengan jendela.
  • Letakkan tempat tidur sehingga bagian kepalanya menempel dengan dinding.
  • Tempatkan kasur di dalam ranjang yang solid (jangan diletakkan begitu saja di lantai).
  • Hindari meletakkan cermin atau benda reflektif lainnya di hadapan atau belakang tempat tidur.

Dekorasi secara seimbang

Dikutip dari Red Lotus Letter, perhatikan kombinasi antara warna-warna dan elemen dekorasi yang digunakan supaya energi di dalam kamar tidur anak terasa seimbang.

Sebagai contoh, hindari menggunakan dekorasi bertema laut di kamar tidur berwarna biru supaya energi dari elemen air tidak muncul berlebihan dan mengganggu kesehatan. Selain itu, hindari warna-warna yang terlalu kuat seperti warna merah karena dapat mengganggu momen beristirahat.

Jadi, lebih baik gunakan warna-warna netral yang lembut, ditambah sedikit warna ceria sebagai aksen untuk menciptakan kamar tidur yang menenangkan.

Baca Juga: 5 Cara Mengombinasikan Motif Pada Dekorasi Rumah, Hindari Kesan Ramai!

Optimalkan pencahayaan

Pencahayaan di dalam kamar sangat berpengaruh terhadap kenyamanan anak dalam beraktivitas. Jadi, Anda perlu mengoptimalkan aspek pencahayaan di kamar anak.

Mengutip Love to Know, hindari menggunakan lampu yang terlalu terang karena dapat menimbulkan energi yang secara berlebihan, sehingga tidak cocok untuk kamar tidur. Sebaiknya, gunakan teknik lighting layering atau kombinasi berbagai sumber pencahayaan.

Misalnya, tambahkan lampu tidur di samping tempat tidur supaya anak bisa tidur dengan tenang tanpa harus menyalakan lampu plafon yang terlalu terang. Selain itu, pilih tirai jendela yang dapat memblokir cahaya untuk memunculkan energi yin yang baik untuk tidur.

Baca Juga: Hadirkan Feng Shui Baik, Ini Cara Menghadirkan Unsur Ikan Koi di Rumah

Hindari alat elektronik

Terakhir, hindari keberadaan alat elektronik di kamar tidur, sebab dipercaya dapat mengganggu energi chi di kamar anak. Jika terganggu, anak tidak akan bisa tidur dengan nyenyak.

Jika dirasa terlalu sulit untuk menyingkirkan seluruh alat elektronik, batasi alat-alat elektronik apa saja yang boleh ditempatkan di kamar anak, misalnya tablet atau ponsel. Alat elektronik lain seperti TV dan komputer sebaiknya ditempatkan di ruang keluarga atau ruang belajar.

Itulah beberapa tips feng shui yang bisa diterapkan pada kamar anak. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News