HOME, Bugar

Tips Ampuh Menyamarkan Stretch Mark yang Kerap Mengganggu Penampilan

Tips Ampuh Menyamarkan Stretch Mark yang Kerap Mengganggu Penampilan

MOMSMONEY.ID - Stretch mark muncul berupa garis-garis atau guratan di bagian tubuh tertentu, seperti perut, dada, pinggul, bokong dan paha. 

Meski tidak berbahaya, namun dapat mengganggu penampilan. Untuk menghilangkannya, Anda perlu tahu cara yang tepat dalam menanganinya.

Cara menghilangkan stretch mark terkadang bukan perkara mudah. Stretch mark adalah guratan berbentuk garis-garis halus yang terdapat di permukaan kulit.

Kondisi ini paling sering dijumpai perempuan pada area payudara, perut, pinggul, bokong, dan paha. Kortisol adalah hormon yang diproduksi secara alami oleh kelenjar adrenal, dikutip dari Healthline.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Stretch Mark pada Bagian Tubuh

Jika hormon kortisol yang diproduksi terlalu banyak maka kulit bisa kehilangan elastisitasnya. Dilansir dari Health Focus, ada beberapa faktor risiko yang dapat meningkatkan seseorang mengalami stretch mark, sebagai berikut.

  • Sedang hamil
  • Pertumbuhan yang sangat cepat
  • Peningkatan atau penurunan berat badan secara cepat
  • Penggunaan kortikosteroid
  • Penggunaan steroid anabolik
  • Pascaoperasi pembesaran payudara
  • Memiliki kondisi medis, seperti sindrom Cushing atau sindrom Marfan

Berikut adalah beberapa cara menyamarkan atau mengurangi tampilan stretch mark di paha, perut, payudara, betis, dan bagian tubuh lainnya, menurut Health Focus.

1. Eksfoliasi

Tindakan eksfoliasi secara rutin bisa menjadi cara ampuh menyamarkan stretch mark, khususnya yang berwarna putih. Eksfoliasi dapat membantu menghilangkan sel kulit mati dan memperbaiki regenerasi kulit.

Cara menghilangkan stretch mark putih ini dapat memberi hasil yang maksimal apabila dibarengi dengan perawatan lainnya.

2. Terapi laser
Terapi laser merupakan salah satu prosedur yang sangat terkenal untuk perawatan kulit, termasuk untuk menghilangkan stretch mark.

Sinar laser akan merangsang produksi kolagen dan elastin di kulit. Terapi ini sangat efektif dalam meregenerasi sel-sel kulit dan memperbaiki struktur kulit Anda.

Baca Juga: 5 Manfaat Minum Air Putih untuk Kecantikan Kulit, Salah Satunya Mencegah Penuaan Dini

3. Penggunaan krim topikal

Selain melakukan tindakan eksfoliasi, Anda bisa rutin menggunakan obat topikal, baik dalam bentuk krim, salep, atau lotion, sebagai cara menghilangkan stretch mark putih.

Meski begitu, American Academy of Dermatology mengingatkan bahwa penggunaan obat topikal mungkin tidak benar-benar ampuh menjadi cara menghilangkan stretch mark di paha dan bagian tubuh lainnya.

4. Microneedling

Microneedling dapat dilakukan menggunakan alat bantu berupa dermaroller. Prosedur ini menggunakan jarum-jarum berukuran sangat kecil, untuk membuat titik-titik luka yang sangat halus di permukaan kulit.

Tujuannya adalah untuk memicu produksi kolagen dan elastin, guna memperbaiki tekstur kulit yang mengalami stretch mark.

Ada beragam produk dan prosedur kecantikan yang menjanjikan hasil optimal untuk menghilangkan stretch mark. Namun Anda perlu berhati-hati, karena tidak semuanya terbukti efektif dan aman.

Konsultasikan lebih lanjut ke dokter kulit mengenai cara untuk menghilangkan stretch mark yang efektif dan sesuai dengan kondisi kulit Anda. 

Selanjutnya: Sederet Manfaat yang Anda Dapatkan dengan Mengonsumsi Buah Sawo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News