HOME, Bugar

Sederet Manfaat yang Anda Dapatkan dengan Mengonsumsi Buah Sawo

Sederet Manfaat yang Anda Dapatkan dengan Mengonsumsi Buah Sawo

MOMSMONEY.ID - Buah sawo adalah salah satu buah tropis yang memiliki rasa manis nan legit dengan daging buah yang lunak dan lembut.

Tanaman dengan nama latin Manilkara zapotaini juga dikenal dengan berbagai nama lain, seperti sapodilla, sapota, dan naseberry.

Menurut Kementerian Kesehatan RI, setiap 100 gram sawo memiliki kandungan serat, vitamin C, vitamin A, vitamin B, niacin, dan folat.

Buah ini juga mengandung beberapa mineral penting, seperti kalsium, magnesium, zat besi, kalium, dan fosfor. Berbagai kandungan nutrisi penting dalam buah sawo ini akan dapat membantu menjaga kesehatan secara keseluruhan. 

Baca Juga: Selain Segar, Inilah 5 Manfaat Murbei untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini adalah beberapa manfaat buah sawo untuk kesehatan yang bisa Anda dapatkan jika rutin mengonsumsinya.

1. Bersifat diuretik

Manfaat buah sawo adalah bersifat diuretik. Sawo adalah buah yang bersifat diuretik dan mengandung sifat diuretik yang diperlukan untuk menjaga kesehatan ginjal.

Dilansir dari National Health Service UK, perempuan lebih rentan mengalami masalah infeksi saluran kemih.

Sawo juga dikenal mampu melarutkan batu ginjal. Namun, apabila Anda memang mengalami masalah pada saluran kemih, jangan didiamkan dan segera konsultasikan ke dokter.

2. Menjaga kesehatan kulit

Manfaat buah sawo lainnya adalah menjaga kesehatan kulit. Buah ini akan bekerja dengan cara meningkatkan tekstur dan warna kulit alami berkat kandungan Vitamin E.

Selain itu, nutrisi ini juga bisa melembapkan kulit, sehingga akan membuat Anda memiliki kulit yang sehat dan cantik.  

3. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat buah sawo yang selanjutnya adalah menjaga kesehatan jantung. Sawo menjadi buah yang mampu menjaga kesehatan jantung karena mengandung magnesium yang tinggi.

Tubuh membutuhkan magnesium untuk menjaga kesehatan otot, termasuk jantung.

Studi yang diungkap dalam BMJ Journals menyatakan, kekurangan magnesium dapat meningkatkan risiko seseorang terkena masalah kardiovaskular.

Baca Juga: Buah-Buahan yang Ampuh Meredakan Tekanan Darah Tinggi

4. Meredakan gejala batuk dan pilek

Saat pergantian musim, kamu mungkin jadi lebih mudah terserang flu atau mengalami gejala batuk dan pilek. Untungnya masalah ini bisa teratasi dengan konsumsi sawo karena manfaat buah sawo yang selanjutnya adalah meredakan gejala batuk dan pilek.

Ini, karena sawo memiliki kandungan anti inflamasi yang diyakini mampu meredakan penyumbatan pada saluran dada dan mengurangi produksi lendir.

5. Menjadikan tulang sehat

Manfaat buah sawo yang selanjutnya adalah menjadikan tulang sehat. Jumlah tambahan kalsium, fosfor dan zat besi dibutuhkan oleh tulang untuk meningkatkan daya tahannya. 

Kaya akan kalsium, zat besi dan fosfor, buah sawo sangat membantu dalam meningkatkan dan memperkuat tulang.

Nah, Anda sekarang sudah paham kan banyak sekali manfaat buah sawo yang bisa diberikan untuk kesehatan tubuh.

Anda dan anggota keluarga bisa langsung makan buah sawo atau mencampurkannya dengan buah-buahan segar lainnya agar lebih kaya cita rasanya.

Intinya, jaga kesehatan tubuh dengan rutin mengonsumsi buah-buahan dan sayuran serta makanan bergizi lainnya juga.

Selanjutnya: Kaya Nutrisi, Inilah Manfaat Buah Salak untuk Kesehatan Anak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News