HOME, Keluarga

Tidak Membosankan, Ini 4 Tips Dekorasi Rumah dengan Warna Abu-Abu

Tidak Membosankan, Ini 4 Tips Dekorasi Rumah dengan Warna Abu-Abu

MOMSMONEY.ID - Abu-abu merupakan salah satu warna netral yang cukup populer digunakan pada interior rumah selain putih, hitam, dan coklat.

Warna yang merupakan campuran warna putih dan hitam ini memang cocok bagi Anda yang tidak ingin interior rumah mencolok. Warna abu-abu tidak seterang warna putih, tapi juga tidak segelap warna hitam.

Di satu sisi, warna abu-abu memang populer. Di sisi lain, masih ada orang yang tidak ingin menggunakan warna ini pada interior rumah karena terkesan datar dan membosankan.

Padahal, dengan penggunaan yang tepat, rumah Anda akan terlihat keren dengan warna abu-abu, lo. Yuk, simak tipsnya berikut ini!

Baca Juga: 3 Tips Mendekorasi Rumah dengan Warna Merah yang Penuh Energi

Tentukan variasi warna yang tepat

Melansir The Spruce, warna abu-abu memiliki banyak sekali variasi warna yang bisa Anda pilih untuk mendekorasi rumah. Mulai dari warna abu-abu yang terkesan dingin, hangat, terang, hingga gelap, semuanya ada.

Misalnya, jika Anda kurang menyukai abu-abu yang dingin, warna greige atau abu-abu dengan campuran coklat bisa menjadi pilihan. Atau, jika Anda ingin memberikan kesan intim di suatu ruangan, coba gunakan warna charcoal grey atau abu-abu gelap.

Selain menyesuaikan dengan selera Anda, salah satu trik untuk menentukan warna abu-abu yang tepat adalah dengan memperhatikan pencahayaan di ruangan tersebut.

Mengutip Homes and Gardens, warna abu-abu yang dingin akan cocok untuk ruangan yang mendapatkan banyak cahaya matahari. Sebaliknya, jika ruangan yang akan didekorasi jarang mendapat cahaya matahari, gunakan warna abu-abu yang hangat.

Kombinasikan dengan warna lain

Supaya ruangan yang didekorasi dengan abu-abu tidak terkesan datar dan membosankan, kombinasikan warna abu-abu dengan warna lainnya.

Karena tergolong warna netral, warna abu-abu sangat mudah dipasangkan dengan warna lainnya. Anda bisa menggunakan warna hangat seperti oranye dan kuning, atau menggunakan warna dingin seperti biru dan ungu.

Namun, jika Anda menginginkan tampilan ruangan yang simpel dan lembut, coba kombinasikan warna abu-abu dengan warna netral lainnya, seperti hitam, coklat muda, atau putih gading.

Baca Juga: Rumah Makin Hidup, Ini 4 Tips Dekorasi Interior dengan Warna Kuning

Tambahkan sentuhan aksen

Jika ruangan Anda sudah didominasi dengan warna abu-abu, pertimbangkan untuk menambahkan sentuhan aksen menggunakan warna-warna yang mencolok.

Dilansir dari My Domaine, Anda bisa mencoba menggunakan satu-dua furnitur atau dekorasi dengan aksen metalik. Warna metalik yang mewah dan mencolok akan menambahkan kesan elegan dan mewah di rumah Anda.

Atau, Anda bisa menggunakan pernak-pernik ruangan dengan warna yang kontras, misalnya menggunakan sofa berwarna biru gelap di ruang keluarga yang dicat abu-abu. Anda juga bisa menggunakan warna hangat seperti terakota, pink, atau kuning mustard.

Baca Juga: 5 Tips Merawat Kolam Ikan, Bikin Rumah Selalu Tampak Segar

Gunakan dekorasi dan furnitur berbahan kayu

Untuk melengkapi kesan netral dan sederhana pada ruangan berwarna abu-abu, Anda bisa menambahkan dekorasi atau furnitur berbahan alami seperti kayu.

Di rumah-rumah bergaya minimalis, kombinasi warna netral dengan furnitur kayu banyak digunakan untuk menghadirkan kesan simpel.

Selain itu, warna coklat dari furnitur kayu juga dapat menambahkan kehangatan sehingga mengimbangi kesan dingin dari warna abu-abu.

Itulah beberapa tips untuk mendekorasi rumah dengan warna abu-abu. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News