HOME, Keluarga

5 Tips Merawat Kolam Ikan, Bikin Rumah Selalu Tampak Segar

5 Tips Merawat Kolam Ikan, Bikin Rumah Selalu Tampak Segar

MOMSMONEY.ID - Kolam ikan lazim dijumpai di rumah-rumah orang Indonesia. Tak hanya mempercantik rumah, kolam ikan juga memiliki banyak manfaat bagi penghuni rumah dan lingkungan sekitarnya.

Sebagai contoh, kolam ikan dapat menyediakan habitat bagi beragam makhluk hidup, seperti ikan dan tanaman air. Selain itu, suara air kolam yang menenangkan juga sangat menyenangkan untuk didengar.

Baca Juga: Simak, Ini Tips Menggunakan Ikan Koi untuk Feng Shui yang Baik

Nah, supaya kolam ikan dapat terus memberikan manfaat, tentunya perlu dirawat dengan baik. Yuk, simak tips untuk merawat kolam ikan berikut ini!

Jangan pelihara terlalu banyak ikan

Kolam ikan tidak akan lengkap tanpa kehadiran ikan berwarna-warni yang berenang di dalamnya. Nah, supaya kondisi kolam tetap terawat, pastikan Anda tidak memelihara ikan terlalu banyak.

Apa alasannya? Dikutip dari lama Aquascape Inc., kolam ikan yang terlalu penuh akan membuat air kolam cepat kotor, karena mengandung kotoran ikan yang berlebihan. Selain itu, ikan-ikan di dalam kolam juga akan sulit untuk bergerak dengan bebas.

Jangan beri makan ikan terlalu banyak

Masih berhubungan dengan ikan, Anda perlu memastikan ikan-ikan tersebut diberi makan secukupnya saja. Melansir laman Swell UK, sisa makanan berlebih yang tidak dimakan oleh ikan akan tenggelam dan terkumpul di dasar kolam. Jika dibiarkan, sisa makanan tersebut dapat mengotori kolam.

Sebaiknya, beri makan ikan  sehari sekali dan jangan beri makanan terlalu banyak. Jika memungkinkan, pilih makanan ikan yang berkualitas. Makanan ikan yang berkualitas biasanya cenderung mengapung jika tidak dimakan, sehingga akan mudah dbersihkan.

Baca Juga: 4 Kesalahan Saat Menata Taman Rumah, Bikin Tampilannya Kurang Menawan!

Tambahkan tanaman air

Untuk mempercantik kolam, Anda bisa menggunakan beragam tanaman akuatik atau tanaman air di atas permukaan kolam ikan.

Selain terlihat cantik, tanaman-tanaman tersebut dapat membantu mengurangi jumlah alga yang berlebihan di dalam kolam. Anda bisa menggunakan tanaman seperti bambu air, lotus, hingga teratai.

Baca Juga: 5 Keuntungan Punya Kolam Ikan di Rumah, Bisa Ikut Melestarikan Alam!

Atur tanaman di sekitar kolam

Selain kolam dan isinya, Anda juga perlu memperhatikan keadaan di sekitar kolam ikan supaya tidak mempengaruhi kehidupan di kolam tersebut.

Dilansir dari Dengarden.com, pohon-pohon yang tumbuh di sekitar kolam ikan dapat mengotori kolam tersebut dari daun-daun kering yang berjatuhan. Untuk mengatasinya, tempatkan jaring pengaman di atas kolam untuk membantu menangkap daun-daun tersebut.

Selain itu, perhatikan apakah ada pohon yang menutupi kolam dari sinar matahari. Idealnya, permukaan kolam sebaiknya ditutupi atau diberi peneduh. Namun, jika berlebihan, makhluk hidup di sekitar kolam bisa mengalami kekurangan oksigen di malam hari.

Bersihkan secara rutin

Terakhir, Anda perlu membersihkan kolam ikan secara rutin untuk menjaga penampilannya. Kolam ikan yang bersih juga akan membuat makhluk hidup di dalamnya selalu sehat.

Anda dapat membersihkan kotoran yang mengapung di permukaan kolam, seperti daun kering. Selain itu, perlu membersihkan dasar kolam supaya terbebas dari lumut, lumpur, atau kotoran lainnya yang menempel di sisi-sisi kolam.

Komponen lainnya di kolam ikan juga perlu dibersihkan, seperti pompa, filter, hingga air mancur. Dengan membersihkannya secara rutin, komponen tersebut akan terawat dan tidak mudah rusak.

Itulah tips merawat kolam ikan yang bisa Anda terapkan. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News