HOME, Keluarga

Rumah Makin Hidup, Ini 4 Tips Dekorasi Interior dengan Warna Kuning

Rumah Makin Hidup, Ini 4 Tips Dekorasi Interior dengan Warna Kuning

MOMSMONEY.ID - Warna kuning adalah salah satu warna yang populer digunakan dalam desain atau dekorasi interior suatu rumah.

Melansir Very Well Mind, warna kuning dikenal sebagai warna yang hangat dan energik karena dapat mengingatkan kita pada matahari yang cerah. Oleh karena itu, warna ini dianggap dapat menghidupkan suasana di suatu ruangan.

Jika Anda ingin membuat suasana di rumah makin cerah dan hidup, maka warna kuning bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun, bagaimana caranya supaya penggunaan warna kuning tidak membuat interior rumah terlihat norak?

Untuk menjawab pertanyaan berikut, yuk simak tips di bawah ini. Dijamin, rumah Anda akan tampil menawan dan ceria dengan warna kuning!

Baca Juga: Tips Menata Rumah untuk Zodiak Pisces, Banyak Unsur Air!

Pilih warna kuning yang tepat

Sebelum mulai menggunakan warna kuning pada dekorasi rumah, Anda perlu menentukan warna kuning seperti apa yang cocok digunakan di ruangan yang akan didekorasi.

Pada dasarnya, pilihlah warna kuning yang Anda sukai. Namun, jika Anda kurang berani menggunakan warna kuning karena terkesan mencolok, ada beberapa variasi warna kuning yang bisa Anda coba.

Mengutip My Domaine, Anda bisa mencoba menggunakan warna kuning mustard yang sedikit redup atau warna kuning pucat yang lembut. Walaupun tidak terlalu mencolok, dua variasi warna tersebut tetap akan terlihat cantik.

Gunakan sebagai warna dinding

Ingin menghadirkan warna kuning di rumah dengan mudah? Cukup gunakan warna kuning sebagai warna cat dinding rumah Anda.

Dilansir dari Seattle Times, penggunaan warna kuning pada dinding suatu ruangan bisa menghadirkan kesan hangat dan nyaman di ruangan tersebut. Anda bisa menggunakan warna kuning pada satu sisi maupun seluruh sisi dinding.

Selain itu, warna kuning akan cocok digunakan di ruangan yang tidak mendapatkan banyak cahaya matahari untuk membantu menghangatkan ruangan tersebut.

Baca Juga: Mengenal Elemen Taman Bergaya Mediterania yang Cantik dan Eksotik

Kombinasikan dengan warna lain

Supaya tidak terlihat berlebihan, Anda dapat memadukan warna kuning dengan warna-warna lainnya.

Ada banyak sekali warna yang bisa Anda kombinasikan dengan warna kuning. Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan warna hijau atau oranye yang masih memiliki tone kekuningan. Atau, gunakan warna komplementer seperti biru atau ungu untuk kesan dinamis.

Jika Anda tidak menginginkan banyak warna, cukup padukan warna kuning dengan warna netral seperti putih, coklat, abu-abu, bahkan hitam. Kombinasi warna kuning dengan warna netral akan membuat ruangan terlihat segar dan modern.

Baca Juga: 4 Tips Menggunakan Warna Biru untuk Dekorasi Rumah, Bikin Kalem!

Gunakan pada pernak-pernik ruangan

Walaupun terlihat simpel, mengecat dinding dengan warna kuning kadang terdengar merepotkan dan mengintimidasi, apalagi jika Anda tidak ingin menghadirkan warna yang terlalu mencolok di suatu ruangan.

Dikutip dari Livinator, Anda bisa mengakalinya dengan menggunakan pernak-pernik atau dekorasi ruangan berwarna kuning, misalnya vas bunga, pigura foto, bantal sofa, hingga karpet.

Jadi, tak perlu mengecat ruangan dengan warna kuning, Anda tetap bisa menghadirkan sentuhan warna kuning yang cerah dan hangat melalui pernak-pernik yang bisa diganti kapan saja.

Itulah beberapa tips untuk menggunakan warna kuning pada interior rumah. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News