Bugar

Tidak Hanya Nikmat, Ini Manfaat Blueberry untuk Kesehatan dan Kecantikan

Tidak Hanya Nikmat, Ini Manfaat Blueberry untuk Kesehatan dan Kecantikan

MOMSMONEY.ID - Blueberry merupakan tanaman buah yang berasal dari Amerika Utara. Saat ini, blueberry bisa didapatkan di mana saja, termasuk Indonesia.

Sesuai dengan namanya, blueberry berwarna biru, dan bentuknya bulat dengan ukuran yang kecil. Blueberry biasanya menjadi teman makan yogurt, topping untuk kue, atau pemanis pie.

Buah ini juga bisa dikonsumsi dalam bentuk jus atau selai buah yang rasanya memanjakan lidah.  

Baca Juga: 5 Manfaat Teh Rosella, Bisa Cegah Kanker sampai Menurunkan Kolesterol

Dirangkum dari Healthline dan Mayo Clinic, berdasarkan kandungan gizinya, inilah manfaat buah blueberry yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, antara lain: 

Memiliki potensi menurunkan risiko kanker

Manfaat blueberry yang pertama adalah menurunkan risiko kanker. Buah blueberry kaya akan antioksidan, seperti vitamin C, lycopene, lutein, dan zeaxanthin.

Antioaksidan yang kuat ini dapat menangkal radikal bebas, yakni molekul yang terdapat pada asap rokok atau polusi yang bisa menyebabkan stres oksidatif yang memicu peradangan.

Mencegah penuaan dini

Salah satu manfaat blueberry adalah untuk mencegah penuaan dini. Ini berkat kandungan vitamin C dan antioksidan pada blueberry yang dapat merangsang pembentukan kolagen pada kulit. 

Efek ini menjadikan blueberry baik untuk mencegah keriput, memperbaiki tekstur kulit, dan mencegah kerusakan kulit akibat polusi dan paparan sinar matahari. 

Membantu menjaga kesehatan tulang

Manfaat blueberry lainnya adalah menjaga kesehatan tulang. Selain antioksidan, kandungan kalsium pada blueberry ternyata memiliki khasiat dalam menjaga kesehatan tulang.

Studi tahun 2019 pada FEBS Open Bio menunjukkan bahwa nutrisi blueberry bisa membantu pembentukan tulang dan melawan stres oksidatif. 

Studi berbasis hewan juga menunjukkan adanya potensi suplemen buah bluebberry dalam mencegah osteoporosis, yakni pengeroposan tulang yang umumnya terjadi pada lansia. 

Baca Juga: Suka dengan Jus Strawberry? Ini 5 Manfaat yang Bisa Anda Dapatkan dari Minuman Ini!

Mengontrol gula darah

Sejumlah penelitian membuktikan bahwa mengonsumsi buah berry, termasuk blueberry bisa membantu tubuh untuk mengontrol gula darah.

Buah blueberry diperkaya dengan serat, vitamin, mineral, dan antioksidan. Blueberry merupakan pilihan yang tepat bagi orang-orang yang memiliki masalah dalam mengatur gula darah.  

Melindungi organ otak

Uniknya, antioksidan dalam buah blueberry dapat memberikan dampak yang positif pada kesehatan otak, terutama pada bagian intelegensi. 

Buah blueberry juga mampu menjaga kesehatan saraf otak dan memperlambat penurunan kognitif pada kaum lansia.

Itulah beberapa manfaat buah blueberry yang bisa Anda rasakan untuk kesehatan tubuh dan juga kecantikan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News