Bugar

5 Manfaat Teh Rosella, Bisa Cegah Kanker sampai Menurunkan Kolesterol

5 Manfaat Teh Rosella, Bisa Cegah Kanker sampai Menurunkan Kolesterol

MOMSMONEY.ID - Penggunaan teh rosella sebagai obat-obatan sudah dilakukan sejak lama. Teh rosella kerap diambil manfaatnya untuk pengobatan penyakit lever dan tekanan darah tinggi.

Manfaat rosella untuk kesehatan sangat banyak. Rosella ini kerap diolah menjadi teh atau suplemen. Rosella juga sering digunakan sebagai bahan untuk membuat makanan dan minuman.

Manfaat rosella diperoleh dari berbagai senyawa kimia alami di dalamnya, seperti fenol, alkaloid, tanin, flavonoid, saponin, asam organik, dan vitamin C yang terkandung di dalamnya.

Baca Juga: Suka dengan Jus Strawberry? Ini 5 Manfaat yang Bisa Anda Dapatkan dari Minuman Ini!

Senyawa-senyawa tersebut berperan sebagai antioksidan, antibakteri, dan antiradang yang dapat memberikan beragam manfaat di bawah ini seperti dilansir dari Mayo Clinic, antara lain: 

Menurunkan tekanan darah 

Manfaat teh rosella yang pertama adalah menurunkan tekanan darah. Asam klorogenik, antosianin, dan asam hibiscus yang terkandung dalam rosella memiliki sifat antihipertensi.

Meski begitu, manfaat rosella dalam menurunkan tekanan darah perlu diteliti lebih lanjut, karena studi yang dilakukan baru sebatas studi klinis.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat teh rosella yang kedua adalah meningkatakan kelebihan tubuh. Mungkin Anda merasakan kalau akhir-akhir ini semakin banyak penyakit yang muncul dan mengancam kesehatan. 

Untuk melindungi diri dari berbagai penyakit, Anda dapat melakukan perlindungan tersebut dengan rajin mengkonsumsi teh rosella, karena teh ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Mencegah berbagai penyakit infeksi bakteri

Manfaat teh rosella yang ketiga adalah mencegah berbagai penyakit infeksi bakteri. Sifat antibakteri yang dimiliki oleh rosella diperoleh dari senyawa fenol yang terkandung di dalamnya.

Kandungan ini dianggap mampu melawan infeksi bakteri, salah satunya Escherichia coli yang menjadi penyebab diare.

Baca Juga: Ingin Kurus? Coba Konsumsi 5 Minuman Alami Ini agar Berat Badan Cepat Turun

Melawan pertumbuhan sel kanker

Manfaat teh rosella yang selanjutnya adalah melawan pertumbuhan sel kanker. Namun, manfaat rosella dalam melawan kanker perlu diteliti lebih lanjut.

Rosella dipercaya bermanfaat dalam menghambat pertumbuhan sel kanker karena banyaknya senyawa kimia alami yang bersfat antioksidan di dalamnya.

Meremajakan kulit

Manfaat teh rosella yang terkahir adalah meremajakan kulit. Ancaman radikal bebas dan sinar UV sangat berbahaya bagi kesehatan kulit dan wajah.

Teh rosella mengandung protein esensial, asam amino, dan vitamin C yang dapat menjadikan kulit dan wajah Anda lebih sehat dan cerah.

Itulah beberapa manfaat teh rosella yang berguna untuk kesehatan serta kecantikan tubuh. Mengkonsumsi teh rosella secara rutin akan memberikan efek yang luar biasa untuk tubuh Anda.

Namun perlu diingat, agar tidak mengkonsumsinya secara berlebihan, ya. Karena bagaimana pun segala sesuatu yang berlebihan tidak akan memberikan efek yang baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News