Bugar

Tidak Banyak Orang Tahu, Inilah Sederet Manfaat Rosemary Untuk Kecantikan

Tidak Banyak Orang Tahu, Inilah Sederet Manfaat Rosemary Untuk Kecantikan

MOMSMONEY.ID - Manfaat rosemery untuk kecantikan ternyata sangat banyak dan bisa Anda rasakan jika dikonsumsi secara rutin. 

Rosemary merupakan daun yang berasal dari kawasan Mediterania dan kerap digunakan sebagai bumbu masak. Daun ini diketahui dapat meningkatkan aroma dan cita rasa masakan. 

Tak hanya digunakan sebagai bumbu masak, daun ini juga diyakini dapat memberikan berbagai manfaat. Sebab, rosemary merupakan salah satu tanaman yang kaya antioksidan dan senyawa antiinflamasi. 

Berkat kandungan nutrisinya yang tinggi, menurut Mind Body Green dan Emedihealth berikut ini beberapa manfaat luar biasa dari rosemary kecantikan, antara lain: 

Baca Juga: Kenali 5 Manfaat Minyak Kemiri untuk Kesehatan Rambut

Mencegah penuaan pada kulit

Manfaat rosemary bagi kecantikan adalah daun ini dapat mencegah penuaan pada kulit. Sebab, daun ini diperkaya dengan kandungan antioksidan yang dapat melawan radikal bebas.

Perlu diingat bahwa paparan radikal bebas dalam jangka panjang berpotensi merusak kulit. Salah satu kerusakan yang dapat terjadi adalah kemunculan garis halus dan keriput pada wajah.

Nah, senyawa antioksidan bermanfaat dalam melindungi kulit akibat paparan sinar matahari dan polutan. 

Mencegah infeksi kulit

Sifat anti inflamasi ekstrak rosemary diketahui dapat membantu mengurangi pembengkakan pada kulit. Selain itu, ekstrak daun ini juga dipercaya dapat menyembuhkan luka bakar dan menenangkan kulit.

Hal ini membuat ekstrak daun ini dipergunakan untuk mengatasi beberapa kondisi kulit yang bersifat kronis. Misalnya seperti dermatitis, eksim dan psoriasis.

Kendati demikian, penelitian lebih mendalam terhadap manfaat ekstrak rosemary ini tentunya masih diperlukan guna mengetahui efektivitasnya. 

Baca Juga: 4 Gejala Kolesterol Tinggi yang Harus Diwaspadai

Membantu melembapkan kulit 

Manfaat rosemary bagi kecantikan selanjutnya adalah membantu melembapkan kulit. Sebab, daun ini mengandung sifat menghidrasi yang berperan penting dalam mengunci kelembapan pada kulit.

Hal ini tentunya dapat membantu membuat kulit menjadi lebih lembut dan bercahaya. 

Itulah beberapa manfaat daun rosemary bagi kecantikan. Berdasarkan beberapa manfaat tersebut, tidak ada salahnya untuk menggunakannya sebagai bahan perawatan kulit alami.

Selain merawat kulit, pastikan juga untuk senantiasa menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Hal ini dapat dilakukan melalui penerapan pola hidup sehat, dan rutin memeriksakan kesehatan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News