Bugar

Kenali 5 Manfaat Minyak Kemiri untuk Kesehatan Rambut

Kenali 5 Manfaat Minyak Kemiri untuk Kesehatan Rambut

MOMSMONEY.ID - Manfaat minyak kemiri bisa ditemukan di beberapa negara, seperti Indonesia, Filipina, Malaysia, Cina, dan India. Tinggi pohon kemiri mencapai 20 meter dengan diameter batangnya sekitar 0,9 meter.

Buahnya mengandung sekitar 2–3 biji kemiri, yang kemudian digunakan sebagai bahan baku pembuatan minyak kemiri.

Meski masih membutuhkan penelitian lebih lanjut, kandungan nutrisi yang melimpah dalam minyak kemiri membuatnya banyak digunakan untuk mengatasi kondisi tertentu.

Dilansir dari Mayo Clinic, berikut ini adalah beragam manfaat minyak kemiri untuk kesehatan rambut yang bisa Anda rasakan, antara lain: 

Baca Juga: Tidak Banyak Diketahui, Ini Manfaat Teh Mawar untuk Kesehatan Tubuh

Aman untuk kulit kepala sensitif

Manfaat minyak kemiri yang pertama adalah aman untuk kulit kepala sensitif. Banyak produk kecantikan rambut yang tidak aman digunakan ke kulit kepala.

Untungnya, manfaat minyak kemiri untuk rambut sangat aman untuk kulit sensitif. Sebab, minyak kemiri merupakan produk kecantikan rambut alami yang dipercaya aman bagi kulit. 

Mencegah rambut kering

Manfaat minyak kemiri untuk kesehatan rambut yang kedua adalah mencegah rambut kering dan kusut dengan cara melembapkannya. 

Khasiat minyak kemiri untuk rambut ini berasal dari kandungan asam amino dan asam lemak esensial yang bisa menembus hingga ke dalam lapisan kulit kepala. 

Menyuburkan rambut

Manfaat minyak kemiri yang ketiga adalah menyuburkan rambut. Sudah sejak lama manfaat minyak kemiri dipercaya bisa menyuburkan rambut.

Kandungan vitamin B, zat besi, zinc, dan protein dalam minyak kemiri berperan penting dalam mencegah kerontokan dan mempercepat pertumbuhan rambut.

Cara penggunaannya cukup mudah, yaitu dengan mengoleskan minyak kemiri pada kulit kepala. Selain mencegah rambut rontok, minyak kemiri juga bisa melembapkan rambut.

Baca Juga: Menghilangkan Ketombe, Ini 5 Manfaat Minyak Kelapa untuk Rambut

Membuat rambut hitam berkilau

Manfaat minyak kemiri membuat rambut jadi hitam berkilau. Minyak kemiri mengandung asam gamma-linolenic yang berfungsi sebagai conditioner alami bagi rambut. 

Fungsi minyak kemiri untuk rambut dari kandungan tersebut diyakini mampu mengembalikan kelembapan rambut sehingga rambut Anda akan tampak berkilau hitam alami.

Melembapkan kulit kepala

Manfaat minyak kemiri juga bisa melembapkan kulit kepala. Hal ini karena minyak kemiri mengandung tanin yang bertindak sebagai antioksidan.

Kandungan tanin pada minyak kemiri bisa membuat kulit kepala menjadi lebih sehat, bersih, dan bebas dari bakteri.

Manfaat minyak kemiri bisa Anda bisakan dalam berbagai produk perawatan kecantikan, mulai dari sampo, sabun, hingga conditioner rambut.

Namun, pastikan Anda berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter jika ingin menggunakan minyak kemiri untuk mengobati kondisi medis tertentu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News