Bugar

Menghilangkan Ketombe, Ini 5 Manfaat Minyak Kelapa untuk Rambut

Menghilangkan Ketombe, Ini 5 Manfaat Minyak Kelapa untuk Rambut

MOMSMONEY.ID - Yuk, simak beberapa manfaat minyak kelapa untuk kesehatan rambut yang tidak perlu diragukan lagi. 

Minyak kelapa berasal dari biji buah kelapa dan merupakan asam lemak rantai sedang yang terdiri dari asam laurat, asam kaprat, asam oleat, serta asam linoleat.

Berkat rantai asam lemak ini, minyak kelapa mengandung sifat antimikroba, antijamur, dan antivirus yang sangat baik untuk mengatasi berbagai macam masalah pada rambut.

Senyawa yang terkandung dalam minyak kelapa seperti asam laurat, asam kaprat, asam oleat, dan asam linoleat ternyata mampu mengatasi kerusakan rambut.

Dilansir dari Mayo Clinic dan Women's Health, berikut adalah beberapa manfaat minyak kelapa untuk kesehatan rambut yang biasa Anda peroleh, antara lain: 

Baca Juga: Moms Wajib Tahu, Ini Manfaat Kacang Tanang untuk Ibu Hamil

Memperbaiki rambut rusak

Manfaat minyak kelapa untuk kesehatan rambut yang pertama adalah memperbaiki rambut rusak. Minyak kelapa mengandung asam laurat yang ampuh mencegah rambut kehilangan protein.

Asam laurat juga membuat minyak kelapa mudah diserap ke dalam batang rambut, sehingga mampu mengatasi kerusakan yang terjadi.

Mencegah rambut rontok

Manfaat minyak kelapa untuk kesehatan rambut yang kedua adalah mencegah rambut rontok, tentunya jika digunakan dengan rutin.

Perawatan rambut yang berlebihan bisa melemahkan folikel rambut dan menyebabkan kerontokan. Minyak kelapa bisa digunakan merawat dan mencegah kerontokan rambut.

Mengatasi ketombe

Manfaat minyak kelapa untuk kesehatan rambut yang selanjutnya adalah mengatasi ketombe. Infeksi jamur pada kulit kepala bisa menyebabkan ketombe.

Minyak kelapa dipercaya bisa mengatasi ketombe akibat infeksi jamur karena memiliki sifat antijamur. Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efetivitasnya. 

Baca Juga: Terasa Tidak Nyaman, Inilah 5 Cara Mengatasi Biang Keringat Secara Alami

Membasmi kutu rambut

Manfaat minyak kelapa untuk kesehatan rambut yang keempat adalah membasmi kutu rambut. Jika Anda memiliki kutu rambut, cara ini patut dicoba.

Menurut para ahli, mengobati kutu rambut dengan minyak kelapa dan semprotan adas manis 40 persen lebih efektif daripada menggunakan bahan kimia permetrin.

Melembapkan rambut

Manfaat minyak kelapa yang terakhir adalah melembapkan rambut. Penelitian mengungkapkan bahwa asam laurat baik sebagai pelembap rambut apabila digunakan sebelum keramas.

Namun, pastikan Anda memilih minyak kelapa alami yang bebas bahan kimia untuk memperoleh rambut yang lembut, sehat, dan berkilau.

Namun, jika keluhan tidak membaik setelah dilakukan berbagai perawatan dengan minyak kelapa, sebaiknya konsultasikan lebih lajut dengan dokter untuk menbisakan penanganan yang tepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News