Bugar

4 Gejala Kolesterol Tinggi yang Harus Diwaspadai

4 Gejala Kolesterol Tinggi yang Harus Diwaspadai

MOMSMONEY.ID - Gejala kolesterol tinggi yang harus diwaspadai sangat beragam. Kolesterol tinggi sendiri bisa diartikan sebagai kondisi ketika kadar kolesterol dalam darah lebih tinggi dibandingkan nilai normal.

Kolesterol yang dibiarkan tidak terkendali lama-kelamaan bisa menyumbat pembuluh darah, yang pada akhirnya menyebabkan penyakit stroke, aterosklerosis, angina, dan serangan jantung.

Pada kebanyakan kasus, kolesterol tinggi sering kali tidak menunjukkan gejala khusus sampai komplikasi seperti stroke terjadi.

Oleh sebab itu kenali beberapa kondisi yang patut diwaspadai sebagai gejala kolesterol tinggi seperti yang dilansir dari Medical News Today, antara lain: 

Baca Juga: Bisa Menurunkan Kolesterol, Simak 5 Manfaat Wijen Hitam bagi Kesehatan

Disfungsi ereksi

Gejala kolesterol tinggi yang pertama adalah disfungsi ereksi. Plak yang terbentuk akibat kolesterol tinggi tidak hanya membuat dada terasa nyeri, tetapi juga menyebabkan disfungsi ereksi.

Kondisi ini terjadi akibat aliran darah yang menuju ke penis terhambat oleh plak tersebut.

Xanthelasma

Gejala kolesterol tinggi yang kedua adalah xanthelasma. Kadar kolesterol yang terlalu tinggi juga berisiko menyebabkan munculnya xanthelasma. Xanthelasma adalah plak kekuningan yang muncul di sekitar kelopak mata.

Nyeri dada

Gejala kolesterol tinggi yang ketiga adalah nyeri dada. Dilansir dari Medical News Today, nyeri dada juga bisa menjadi salah satu tanda atau gejala akan tingginya kolesterol.

Hal ini lantaran tingginya kadar kolesterol bisa menimbulkan endapan yang berbahaya pada aterosklerosis atau dinding arteri.

Akibatnya, endapan atau plak tersebut akan mengurangi aliran darah melalui arteri, sehingga menimbulkan keluhan seperti nyeri dada.

Rasa sakit pada rahang

Gejala kolesterol tinggi yang selanjutnya adalah rasa sakit pada rahang. Menurut American Heart Association, rasa sakit pada rahang termasuk sebagai gejala serangan jantung yang dipicu oleh kolesterol tinggi.

Kondisi tersebut terjadi ketika suplai darah ke jantung atau otak sedang melambat atau tersumbat. Sebaiknya segeralah memeriksakan diri ke dokter jika mengalami rasa sakit pada rahang yang tidak jelas penyebabnya.

Baca Juga: Selain Camilan Sehat, Ini Manfaat Kacang Almond untuk Kesehatan Jantung

Xanthoma

Gejala kolesterol tinggi yang terakhir adalah xanthoma. Xanthoma adalah kelainan kulit yang ditandai dengan penumpukan lemak sehingga membentuk benjolan-benjolan kecil (papula).

Kondisi ini bisa muncul di bagian tubuh mana pun, tetapi lebih sering di persendian, khususnya lutut dan siku.

Selain akibat kadar kolesterol yang tinggi, xanthoma juga bisa disebabkan oleh kondisi lain, seperti diabetes, hipotiroidisme, kolestasis, sindrom nefrotik, dan penyakit hematologi.

Selain mengonsumsi obat, Anda juga harus rutin tes darah. Tujuan tes ini adalah untuk memantau kadar kolesterol sekaligus mengetahui gejala kolesterol tinggi yang mungkin Anda alami.

Jika dari hasil tes tersebut diketahui bahwa Anda mengalami kolesterol tinggi, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan memberikan penanganan yang disesuaikan dengan kondisi Anda.

Itulah beberapa gejala kolesterol tinggi yang perlu diwaspadai mulai sekarang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News