Bugar

Tidak Banyak Orang Tahu, Ini Sederet Manfaat Buah Jamblang untuk Kesehatan

Tidak Banyak Orang Tahu, Ini Sederet Manfaat Buah Jamblang untuk Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Pernah melihat buah jamblang? Memang buah ini cukup sulit ditemukan di pasaran. Bentuknya menyerupai buah anggur dan rasanya agak asam.  

Buah jamblang juga dikenal nama duwet, jamun, jambul, malabar plum, indian blackberry, java plum, atau black plum. Buah ini biasa dimakan segar atau disajikan sebagai manisan.

Di balik rasa dan bentuknya yang menawan, buah jamblang juga menyimpan beragam manfaat buat kesehatan tubuh. 

Dilansir dari Healthline dan Web MD, berikut ini adalah sederet manfaat buah jamblang berdasarkan kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. 

Baca Juga: Buah Duwet, Si Hitam yang Kaya Manfaat untuk Kesehatan Tubuh

Menurunkan gula darah

Meskipun memiliki rasa yang manis, kandungan oleanolic di dalam buah jamblang ternyata dapat menjaga kadar gula darah agar tidak meningkat.

Ini membuat buah jamblang dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes dan bisa membantu menurunkan gula darah pada penderita diabetes.

Menurunkan berat badan

Dengan rendahnya kalori dan tingginya serat, buah jamblang jadi buah yang ideal guna mendukungpenurunan berat badan. 

Buah ini dapat meningkatkan fungsi pencernaan dan menaikkan metabolisme tubuh. Jadi, buah ini akan memuaskan rasa lapar dan meredakan rasa lapar sekaligus. 

Menurunkan risiko anemia

Tak hanya baik untuk tulang dan gigi, kandungan zat besi di dalam buah jamblang juga dapat berperan dalam membantu proses pembentukan sel darah merah.

Ini membuat Anda terhindar dari risiko anemia atau kurang darah, namun manfaat ini bisa didapatkan jika mengonsumsinya secara rutin.

Baca Juga: Cara Mencegah Gangguan Gagal Ginjal Akut Misterius pada Anak

Mencegah pertumbuhan sel kanker

Manfaat buah jamblang lainnya terletak pada kandungan antioksidan yang tinggi. Hal ini pula yang membuatnya dikenal sebagai herba anti-kanker.  

Antioksidan pada buah jamblang dapat mencegah kanker dengan mengikat sel radikal bebas yang memicu pertumbuhan sel kanker.

Menangkal radikal bebas

Berdasarkan penelitian dari Universitas Udayana Bali, buah jamblang mengandung vitamin C terbanyak kedua setelah jambu monyet. 

Kandungan vitamin C di dalam jamblang memiliki manfaat sebagai antioksidanyang berperan dalam menangkal radikal bebas. 

Itulah sederet manfaat buah jamblang untuk kesehatan yang tidak banyak diketahui orang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News