Bugar

Cara Mencegah Gangguan Gagal Ginjal Akut Misterius pada Anak

Cara Mencegah Gangguan Gagal Ginjal Akut Misterius pada Anak

MOMSMONEY.ID - Gangguan ginjal akut misterius kini tengah menjadi perhatian. Pasalnya, penyakit ini dilaporkan telah menyerang ratusan anak di Indonesia.

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mencatat, ada 152 kasus gangguan ginjal ini pada anak. Kebanyakan di antaranya terjadi pada anak usia di bawah lima tahun (balita). 

Penyebab dari gangguan ginjal akut misterius pada anak masih belum diketahui pasti. Pada beberapa pengidap gangguan ginjal akut misterius, juga ditemukan ada infeksi lain yang muncul bersamaan.

Ambil contoh, infeksi leptospirosis, influenzae, parainfluenzae, virus CMV, virus HSV, Bocavirus, Legionella, Shigella, E.coli, dan sebagainya. 

Baca Juga: 5 Kebiasaan yang Berpotensi Merusak Ginjal yang Perlu Dihindari

Meski begitu, hingga saat ini penyebab pasti dari penyakit ini belum pasti. Jadi, sangat penting bagi orangtua untuk waspada dan mengenali gejalanya jika terjadi pada anak. 

Ada beberapa cara yang akan dilakukan dokter untuk mecegah dan mengatasi gangguan gagal ginjal akut misterius pada anak, misalnya:

  1. Mencukupi kebutuhan cairan tubuh pasien melalui infus, atau memperbanyak asupan air putih bila gagal ginjal akut disebabkan oleh dehidrasi.
  2. Menghentikan konsumsi obat-obatan yang bisa memperparah kondisi gagal ginjal akut.
  3. Bila gagal ginjal akut disebabkan infeksi, dokter akan mengobati infeksi tersebut hingga tuntas.
  4. Merekomendasikan pasien untuk melakukan cuci darah bila kondisinya sudah cukup berat. Pengobatan cuci darah ini bisa dihentikan bila fungsi ginjal sudah kembali normal.

Semua orang yang berisiko terkena gagal ginjal akut harus diawasi saat sakit atau memulai pengobatan baru, dengan melakukan pemeriksaan darah serta urine secara rutin.

Selalu gunakan obat-obatan sesuai dosis yang dianjurkan dokter dan jaga kesehatan tubuh. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News