Bugar

Buah Duwet, Si Hitam yang Kaya Manfaat untuk Kesehatan Tubuh

Buah Duwet, Si Hitam yang Kaya Manfaat untuk Kesehatan Tubuh

MOMSMONEY.ID - Buah duwet atau jamblang merupakan salah satu jenis buah tropika yang memiliki banyak sekali khasiat untuk kesehatan tubuh.

Menurut peneliti dari Pusat Kajian Hortikultura Tropika Institut Pertanian Bogor (IPB) buah duwet diketahui punya banyak kandungan nutrisi yang berkhasiat baik untuk tubuh. 

Buah duwet juga dikenal dengan banyak nama, seperti jamblang, jambolan, plum hitam, plum jawa, hingga blackberry Indian. Buah ini sekilas terlihat mirip dengan buah anggur hitam.

Ada banyak penyakit yang diklaim dapat disembuhkan dengan menggunakan buah duwet, tetapi yang paling populer adalah khasiat buah ini dalam mengatasi penyakit diabetes. 

Baca Juga: Catat! Ini 5 Manfaat Teh Chamomile untuk Kecantikan

Selain itu, dilansir dari Web MD, berikut ini beberapa manfaat buah duwet untuk kesehatan tubuh yang harus Anda ketahui, antara lain: 

Menjaga kesehatan kulit

Seperti buah-buahan lainnya, manfaat dari kandungan vitamin C yang ada dalam buah duwet juga akan membantu menjaga kecantikan kulit Anda. 

Vitamin C mampu melindungi kulit Anda dari efek stres oksidasi dengan mengirimkan elektron yang akan menetralkan radikal bebas. 

Selain itu, vitamin C berperan penting dalam produksi kolagen yang akan mempertahankan elastisitas kulit sehingga tampak lebih muda. 

Baik untuk pencernaan

Buah duwet bisa mendinginkan dan menjadi astringen untuk usus. Buah ini juga digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengobati diare kronis dan gangguan pencernaan lainnya.

Tidak hanya itu, buah duwet juga bermanfaat untuk menghilangkan bau mulut, hingga bersifat diuretik dan antidiabetik.  

Membantu menurunkan tekanan darah

Buah duwet juga dipercaya dapat membantu menurunkan tekanan darah. Sebab, biji dari buah ini mengandung asam ellagic, salah satu jenis polifenol yang bersifat antioksidan. 

Perlu diketahui, stres oksidatif yang disebabkan oleh jumlah radikal bebas yang tidak seimbang dapat memicu naiknya kolesterol. Hal ini dapat berujung pada meningkatnya tekanan darah. 

Baca Juga: Moms Wajib Tahu! Ini 5 Makanan untuk Menjaga Kesehatan Vagina

Menjaga kesehatan gusi dan gigi

Manfaat buah duwet lainnya bisa menjaga kesehatan gusi dan gigi. Ternyata, kandungan astringen dalam buah duwet tak hanya baik untuk pencernaan tapi juga untuk gusi dan gigi. 

Astringen sendiri telah banyak digunakan untuk membersihkan, mengencangkan gusi, serta menghilangkan plak dari gigi. Sifat antibakterinya bisa membantu mencegah perdarahan gusi. 

Mengontrol diabetes

Buah duwet telah lama dimanfaatkan untuk mengobati diabetes dan komplikasinya. Salah satunya pada pengobatan tradisional India.

Biji buah duwet juga bisa digunakan mengontrol diabetes melitus karena mengandung kalsium, kalium, kromium, mangan, tembaga, dan zinc yang berperan meningkatkan kinerja insulin.  

Apabila Anda tertarik untuk mengonsumsi buah duwet, Anda bisa mencarinya dengan mudah di berbagai toko daring. Ingat, jangan konsumsi buah ini secara berlebihan untuk menghindari dampak yang tidak diinginkan.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News