Santai

Ternyata Ini 5 Kondisi Pemicu Munculnya Anxiety, Sudah Tahu?

Ternyata Ini 5 Kondisi Pemicu Munculnya Anxiety, Sudah Tahu?

MOMSMONEY.ID - Berikut ini adalah beberapa penyebab munculnya anxiety atau keresahan yang semakin banyak melanda generasi masa kini.

Anxiety merupakan gangguan yang bisa membuat penderitanya merasakan keresahan, khawatir, dan takut pada situasi waktu tertentu.

Gangguan tersebut bisa terjadi sewaktu-waktu yang disebut juga dengan episode berulang. Jika dibiarkan, anxiety bisa juga mengganggu kegiatan sehari-hari.

Baca Juga: Bisa Diatasi, Ini 5 Cara Menghadapi Panic Attack jika Terjadi Tiba-Tiba

Nah, bagi yang belum tahu, berikut ada beberapa penyebab pemicu munculnya anxiety atau keresahan:

Penyebab medis

Kondisi pertama yang bisa memicu munculnya anxiety atau keresahan adalah karena pengaruh kondisi medis.

Melansir Mayo Clinic, ada beberapa kondisi kesehatan yang bisa memicu timbulnya anxiety, seperti penyakit jantung, diabetes, tiroid, gangguan pernafasan, dan juga efek samping dari beberapa obat maupun pengobatan.

Penyebab ini hanya bisa diketahui jika sudah memeriksakan diri pada dokter atau ahli.

Alkohol

Penyebab lain yang bisa juga memicu timbulnya anxiety adalah karena efek samping alkohol. Beberapa penelitian menemukan, gangguan keresahan dua hingga tiga kali lebih mudah muncul pada seseorang yang mengonsumsi alkohol dan obat-obatan.

Namun, perlu diketahui juga bahwa tak semua alkohol dan obat-obatan bisa selalu memicu munculnya anxiety.

Baca Juga: Daftar 6 Istri dan Pasangan Pemain Sepak Bola Dunia, Tak Kalah Populer

Stres

Stres yang menumpuk juga bisa menyebabkan munculnya anxiety. Mengutip Everyday Health, kondisi stres yang menumpuk dalam waktu lama bisa memperburuk kondisi anxiety atau keresahan pada seseorang.

Beberapa kondisi yang bisa menyebabkan stres menumpuk adalah permasalahan pekerjaan, keluarga, kesehatan, dan juga kondisi tertekan lainnya.

Hal tersebut juga bisa memicu seseorang untuk melampiaskan stres dengan merokok, minum alkohol, mengkonsumsi obat-obatan yang bisa memicu parahnya kondisi anxiety.

Trauma

Kondisi traumatis juga menjadi penyebab umum munculnya gangguan keresahan atau anxiety. Biasanya anak-anak dengan kondisi trauma atau pernah melihat hal traumatis bisa memiliki kecenderungan untuk memiliki anxiety.

Tak hanya anak-anak, orang dewasa pun yang pernah melihat atau mengalami kondisi traumatis juga bisa memiliki kecenderungan untuk menderita gangguan anxiety. Kondisi ini bisa juga menjadi semakin parah jika tidak segera ditangani dengan tepat.

Kopi

Tak hanya beberapa kondisi saja yang bisa memicu munculnya perasaan resah atau anxiety. Minuman seperti kopi pun juga bisa memicu munculnya anxiety.

Kandungan kafein pada kopi bisa meningkatkan fungsi kognitif tubuh yang jika kerap muncul bisa memicu timbulnya anxiety. Sehingga, ada baiknya untuk mengonsumsi kopi dalam porsi secukupnya saja dan jangan berlebihan.

Itulah tadi beberapa faktor penyebab yang bisa memicu munculnya anxiety atau gangguan keresahan pada seseorang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News